Harnojoyo Pimpin Gotong Royong Secara Nasional

Palembang – Dalam rangkaian kegiatan Kolaborasi Tunas Integritas Nasional I Tahun2017 ditutup dengan kegiatan gotong royong seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Jumat (4/3).

Kegiatan gotong-royong yang dimotori orang nomor satu di Kota Palembang Harnojoyo, juga diikuti oleh perwakilan daerah di Indonesia yang menghadiri kegiatan Workshop Tunas Integritas Nasional (TIN) I tahun 2017.

Harnojoyo menerangkan, bentuk nyata dari kinerja pemerintah bisa dilihat melalui kegiatan hari ini. Dan kegiatan ini juga akan kita perlihatkan kepada peserta TIN I Tahun 2017.

Dimana, melalui kegiatan gotong royong yang rutin dilaksanakan, menjadi dasar Pemkot Palembang untuk memperbaiki mental Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Palembang.

“Jadi kami mulai dari diri sendiri, agar dapat menimbulkan kesadaran masyarakat, betapa pentingnya menjaga kebersihan melalui gotong royong,” sampainya didampingi Wakil Walikota Palembang, Fitirianti Agustinda.

Banyak manfaat yang didapatkan melalui kegiatan yang telah dilakukan sejak tahun 2015 lalu, mulai dari penghematan anggaran sampai dengan meminimalisur banjir yang biasa terjadi di Palembang saat hujan.

“Sekarang sungai di Palembang sudah mulai bersih, bahkan kami mendengar dari masyarakat, yang biasanya banjir sampai masuk rumah sekarang sudah mulai berkurang. Coba bayangkan saja, perminggu kami bisa hemat anggaran untuk normalisasi sungai sebesar Rp50 juta,” tuturnya.

Bagi pria yang sebelumnya pernah merasa menjadi pedagang ayam ini, gotong royong adalah budaya luhur nenek moyang. Dimana, kemerdekaan Indonesia diraih berkat budaya gotong royong.

“Mari kita bangun kota Palembang melakui semangat gotong royong. Apalagi gotong – royong ini adalah budaya luhur kita yang harus terus kita lakukan dan kita pertahankan ,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, untuk mendukung akfitifitas gotong royong tersebut, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan melalui dana Corporate Social Responbility (CSR) memberikan bantuan dua motor sampah. Penyerahan dua motor sampah ini berbarengan dengan kegiatan gotong-royong seluruh jajaran Pemkot Palembang dalam rangkaian acara Kolaborasi Tunas Integritas Nasional I Tahun 2017.

Motor sampah tersebut diberikan langsung dan dan dipakai untuk kegiatan pengangkutan sampah gotong royong yang dilaksanakan secara nasional di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang. (korankito.com/ria)