Bupati Lahat dan Wagub DIY Serahkan Bantuan Bibit Buah dan Sayuran

Bupati Lahat dan Wagub DIY menyerahkan bantuan bibit buah dan sayuran kepada Transmigran Kota Terpadu Mandiri (KTM) yang berada di Desa UPT Keban Agung, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat. Kamis (02/03).Foto/hms

LAHAT — Bupati Lahat, H. Aswari Riva’i Bersama WakiL Gubernur (Wagub) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Sri Paduka Paku Alam X, bersama Walikota Daerah Istimewah Yogyakarta (DIY), Drs.Sulistiyo SH, CN, Msi kunjungan kerja (Kunker) Ke Kabupaten Lahat sekaligus meninjau lokasi Transmigran Kota Terpadu Mandiri (KTM) yang berada di Desa UPT Keban Agung, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat. Kamis (02/03)

Kedatangan Bupati Lahat Dan Wakil Gubernur DIY, Walikota DIY Beserta rombongan pejabat dari DIY disambut hangat oleh warga transmigran Kota Terpadu Mandiri dengan tarian khas Kabupaten Lahat.

Sebelum acara Wakil Gubernur DIY, Bupati Lahat, Walikota DIY beserta rombongan pejabat dari DIY berkesempatan menyerahkan bantuan bibit buah buahan dan sayuran untuk masyarakat transmigran setempat.

Dalam Sambutannya Bupati Lahat H Aswari Riva’i, mengucapkan selamat datang kepada Wakil Gubernur (Wagub) dan Walikota beserta rombongan dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di Bumi Seganti Setungguan.

“Kota Terpadu Mandiri dikawasan transmigrasi adalah kawasan transmigrasi yang pembangunan dan pengembangannya dirancang menjadi pusat pertumbuhan yang mempunyai fungsi Perkotaan” ungkap Aswari

“Telah banyak keberhasilan yang di capai dalam pembangunan transmigrasi selama ini, terkait beberapa kawasan yang telah berkembang di lahat menjadi pusat pertumbuhan baru seperti terbentuknya sejumlah ibu kota kabupaten dan kecamatan” lanjut Aswari

“Pembangunan KTM Kikim dimulai sejak tahun 2011 sampai 2016 dalam bentuk pembangunan fisik antara lain, pembangunan Gapura KTM, Pembangunan Tugu KTM, Pembangunan Jalan Boulevard, Pembangunan jalan lokal sekunder, pembangunan jalan perhubungan ke kabupaten Empat Lawang, penempatan Transmigrasi di kabupaten lahat di mulai pada tahun 1980/1981 di 33 desa dengan jumlah 9.709 KK dan 41. 108 Jiwa.  Desa Transmigrasi tersebut yang sekarang sudah menjadi kelurahan Sari Bungamas, dan warga transmigrasi baru di UPT Keban Agung, Kecamayan Kikim Selatan ini sudah ditempatkan banyak 175 KK,  dengan perolehan lahan seluas satu HA, setiap kepala keluarga, dan juga seluas 0,25 Ha lahan perkarangan dan lahan usaha seluas 0, 75 dari seluruh jumlah rencana dengan daya tampung 418 jiwa, ” Ungkap Aswari

Foto/hms

Sementara dalam sambutannya, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Sri Paduka Paku Alam X  menyampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Lahat dan jajarannya, Kapolres dan Dandim 0405 dan Camat dan Warga para sesepuh di Keban Agung.

“Kami mewakili Gubernur DIY hadir untuk melihat warga Yogyakarta yang ada di Lahat sekaligus melihat perkembangan Transmigrasi di kabupaten lahat.

“Kami dari DIY memberikan bantuan untuk warga transmigrasi yakni Bibit Cabe, Tomat, padi, semoga bibit2 ini dapat bermanfaat bagi warga disini, bibit tersebut kita bawa dari Yogyakarta untuk warga transmigrasi, ” ujarnya Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Sri Paduka Paku Alam X.(korankito.com/hms/***)