Aswari Pimpin Aksi Peduli Sampah 2017

PEDULI SAMPAH : Bupati Lahat Aswari Riva’i menyerahkan sapu lidi kepada salah satu peserta aksi Peduli Sampah 2017 yang digelar di kawasan Stasiun Kereta Api Pasar Baru, Lahat, Jumat (3/3). Foto/Rudi

Lahat – Kebersihan merupakan hak maupun tanggungjawab bersama dan jangan mengandalkan ‘pasukan biru’ atau petugas kebersihan karena mereka sangat terbatas.

Hal itu disampaikan Bupati Lahat H Aswari Riva’i saat pimpin aksi peduli sampah 2017 di simpang Stasiun Kereta Api Pasar Baru, Lahat, Jumat (3/3). Menurutnya, lingkungan adalah tanggungjawab seluruh masyarakat termasuk pemerintah dan diharapkan kegiatan peduli sampah bukan cuma seremoni. ‘’Saya imbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Hal itu bukan hanya tugas pasukan biru melainkan termasuk kesadaran kita untuk tidak membuang sampah sembarangan menuju Indonesia bersih 2020,’’ ujarnya dalam kegiatan yang juga dihadiri pimpinan Muspida Lahat serta puluhan pelajar tersebut.

Aswari mengatakan, kebersihan merupakan sebagian dari iman, maka apabila lingkungan bersih dan sehat tentu akan melahirkan jiwa serta pikiran yang sehat pula. ‘’Maka kalau itu yang terjadi, Lahat akan lebih baik lagi serta menjadi terdepan,’’ paparnya.

Kegiatan yang bertajuk Bersih Adalah Pancaran Hidup Anda Bersihkan Hati, Bersihkan Jiwa katakan Untuk Tidak Membuang Sampah Sembarangan tersebut diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup, Lahat.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup H Ali Apandi, bahwa hari ini dilaksanakan hari peduli sampah dalam rangka memperiangati Hari Peduli Sampah 2017 yang di ikuti oleh seluruh instansi pemkab lahat, TNI dan Polri serta pelajar di Lahat. ‘’Gerakan peduli sampah dilaksanakan di seluruh wilayah Kota Lahat untuk menyukseskan gerakan tiga jari,’’ paparnya. (korankito.com/hasyim)