Bisa Dipercaya

6 Manfaat Mendengarkan Musik Pada Anak dan Balita

Ilustrasi/hipwee.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para Ahli dari seluruh dunia, mereka sepakat bahwa musik bermanfaat bagi kecerdasan anak. Jika Anda ingin meningkatkan kecerdasan anak Anda, mendengarkan musik adalah salah satu solusi yang bisa Anda coba.

Berikut beberapa manfaat mendengarkan musik pada anak dan balita:

Berita Sejenis

4 Manfaat Oncom Untuk Kesehatan

Tahukah Anda? Ternyata Tahu Sumedang Menyimpan Banyak…

9 Manfaat Buah Tomat Dimakan Mentah

1 daripada 4

1.Menstimulasi perkembangan otak. Berdasarkan beberapa penelitian, musik yang diperdengarkan pada balita sejak ia masih bayi bermanfaat dalam mempercepat perkembangan otaknya.

2.Mendengarkan musik dapat menstimulasi tubuh anak untuk bergerak. Hal ini melatih kemampuan motorik kasar, juga menyehatkan tubuhnya.

3.Anak-anak yang rajin mendengarkan dan mau belajar tentang musik dipastikan memiliki jumlah kosakata yang melimpah. Tentu saja lebih banyak dibanding anak-anak yang tidak terlalu tertarik pada musik.

4.Saat anak mendengarkan musik, ia bisa mengembangkan kreativitas, contohnya lewat gerakan-gerakan, maupun improvisasi lagu lewat ‘tabungan’ kosa kata yang ia miliki.

5.Punya banyak teman. Ungkapan bahwa musik dapat mempersatukan semua orang juga berlaku di dunia anak. Saat anak bergabung pada sebuah kelompok musik, misalnya, anak juga belajar bersosialisasi dan memiliki banyak teman.

6.Fakta menarik lainnya adalah, musik ternyata juga bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan bagi anak, khususnya bayi. Musik yang menenangkan dapat membuat rileks sehingga sistem pencernaan bisa bekerja dengan lebih baik, efisiensi metabolisme pun meningkat.(korankito.com/berbagaisumber/***)