Fakta dan Mitos Mengenai Malam Jumat

Ilusttasi/cdn.pixabay.com

Kepercayaan pada hal-hal mistis di Indonesia memang sudah jadi bagian yang ‘tidak terpisahlan. Banyak orang percaya, tapi tidak sedikit juga yang skeptis tentang hal ini. Salah satu kepercayaan yang masih banyak dipercaya adalah Malam Jumat sebagai hari yang angker.

Nah. Mari kita bahas fakta dan mitos yang berhubungan dengan Malam Jumat:

1.Jumat Kliwon sebagai hari yang keramat.

Terutama pada malam hari, masyarakat Jawa punya kepercayaan terhadap mitos satu ini. Tradisi puasa 40 hari masyarakat Yogyakarta yang puncak puasanya terjadi pada Jumat Kliwon itu sendiri.

 

2.Malam Jumat sebagai malam angker. Tidak heran keangkeran Malam Jumat pun berkaitan dengan keangkeran Jumat Kliwon itu sendiri. Atau, dapat dikatakan pula, para nenek moyang yang memulai kepercayaan ini ingin mengingatkan masyarakat betapa pentingnya Jumat Kliwon.

3.Meninggal di Malam Jumat
Bagi umat muslim, malam jumat kliwon adalah hari yang baik atau biasa disebut juga malam yang diberkati, sama saja dengan malam malam jumat lainnya. Menurut kaum muslim, orang yang meninggal pada malam jumat kliwon atau malam jumat lainnya adalah pertanda bahwa orang itu adalah orang baik yang akan terbebas dari ancaman siksa kubur.

4.Mistis dan Menyeramkan
Adanya mitos seram pada malam jumat membuat anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun ditanamkan akan hal mitos tersebut yaitu mitos malam jumat yang sebenarnya tidak benar. Malam jumat dianggap oleh banyak orang sebagai malam yang menyeramkan dan mistik. Hal tersebut telah menjadi hal yang turun temurun dari zaman nenek moyang hingga masyarakat saat ini.

 

5.Amalan

Bagi kita yang muslim, mungkin sebagian  sudah lazim untuk melakukan amalan-amalan tertentu di malam jumat, seperti membaca surat Yasin misalnya. Memang dalam Islam, hari jumat (termasuk malam jumat) dianggap hari yang memiliki keutamaan dibandingkan hari lain. Peristiwa-peristiwa penting banyak yang terjadi di hari jumat. Yang jelas, bagi umat Islam hari jumat itu lebih identik dengan hari untuk memperbanyak ibadah serta mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Nah demikian beberapa mitos dan fakta mengenai malam jumat kliwon. Akhirnya semua kembali kepada diri kita masing masing untuk memaknai malam jumat karena menurut orang bijak : ‘Semua hari adalah baik, semua malam adalah baik, yang tidak baik adalah manusia yang punya pikiran jahat dan mengisi hari-hari tersebut, malam-malam tersebut dengan ketidakbaikan…

(korankito.com/berbagaisumber/***)