Pernikahan Titisan ‘Nyi Roro Kidul’ Batal Digelar

Kartu undangan pernikahan keturunan Nyi Roro Kidul.ist

Kantingan-Rencana pernikahan gaib titisan Nyi Roro Kidul, Sri Baruno Prameswari dan Panglima Burung dari Suku Dayak, pada Selasa (8/2), dan sempat membuat heboh dunia maya, batal digelar.

Rencananya pesta pernikahan gaib tersebut dihelat di rumah Isay Djudae, Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah di Desa Telok, Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan.

Namun Isay Djudae tiba-tiba menyebut, pernikahan gaib Sri Baruno Prameswari dengan Panglima Burung tersebut dibatalkan. “Tadi malam kami sudah ketemu dengan ibu Retno di Palangka Raya terkait pembatalan pernikahan itu, dan dia memahami,” kata Isay Djudae.

Isay Djudae juga sudah membuat dan meneken berita acara pembatalan acara pernikahan adat Sri Baruno Jagad Prameswari dengan Panglima Burung tersebut di Desa Telok Kecamatan Katingan Tengah, Sabtu 25 Februari 2016.

Menurut Isay, surat pembatalan pernikahan antara Sri Baruno Jagad Prameswari dengan Panglima Burung (Panglima Dayak) itu juga ditembuskan kepada Kapolsek Katingan Tengah, Camat Katingan serta pihak terkait lainnya.

Penyebab batalnya pernikahan ini lantaran belum terpenuhinya persyaratan untuk ritual pernikahan.

“Ada syarat-syarat yang belum terpenuhi, sehingga damang membatalkan. Persyaratan ritualnya belum terpenuhi,” imbuh Kapolres Katingan AKBP Tato Pamungkas, Rabu (1/3).

Pembatalan rencana pernikahan itu disampaikan Isay kepada Camat Katingan Tengah, Dewan Adat Dayak (DAD) hingga ke aparat polisi. Menurut Tato, DAD juga tidak menyetujui adanya ritual tersebut.

“DAD sini tidak menyetujui karena dianggap tidak sesuai dengan budaya dayak. Kalau individu silakan, tapi jangan mengatas namakan ritual induk kaharingan. Kalau dayak itu kan ada induk kaharingan, ada surat dari DAD dan induk kaharingan,” terang Tato.

Tato menyampaikan, sejauh ini pihaknya belum mengetahui apakah ritual pernikahan gaib itu akan tetap digelar apabila persyaratan sudah dipenuhi. “Belum ada konfirmasi lebih lanjut, sampai batas yang belum ditentukan (pembatalannya),” sambungnya.

Sementara itu, Ibu Retno selaku perantara yang menyampaikan terkait pernikahan tersebut sudah menerima alasan pembatalan tersebut. Retno mengaku sebagai utusan Sri Baruno Jagat Prameswari, titisan Nyi Roro Kidul.

“Ya sudah, mereka kembali kalau persyaratan sudah lengkap,” imbuhnya.

Mengenai sosok ‘titisan Nyi Roro Kidul’, Tato mengaku belum bisa memastikan siapa sosok wanita misterius itu. Namun menurut Ibu Retno, Sri Baruno eksis. “Aslinya, katanya namanya Linda Susanti,” ujarnya.

Linda disebut-sebut bukanlah titisan Nyi Roro Kidul, melainkan hanya manusia biasa. Namun, konon Linda kerap melakukan ritual pernikahan gaib di beberapa tempat.korankito/com/berbagai sumber