Pemkot Palembang Ubah Prilaku Masyarakat Jaga Kebersihan

KOLABORASI : Walikota Palembang Harnojoyo sampaikan sambutan dalam acara Workshop Kolaborasi Integritas I 2017, di Palembang, Rabu (1/3). Foto/Eja

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang secara konsisten lakukan dua program unggulan yakni gotong royong dan safari subuh yang telah dilaksanakan selama dua tahun terakhir.

Hasilnya, mampu mengubah perilaku masyarakat dengan terus menjaga kebersihan, selain itu sudah ratusan sungai atau pun anak sungai yang berhasil dibersihkan dengan program gotong royong ini.

“Alhamdulillah program gotong royong yang kami canangkan secara konsisten terus kami laksanakan setiap minggu di seluruh Kelurahan dan telah beberapa kali mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari berbagai pihak,’’ ujar Walikota Palembang Harnojoyo dalam acara Workshop Kolaborasi Tunas Integritas I 2017 tingkat nasional, di Palembang, Rabu (1/3).

Selain itu, Harno juga memaparkan beberapa program unggulan sehingga Kota Palembang dapat terpilih menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018 bersama Jakarta.

Dalam acara tersebut, Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin mengapresiasi apa yang telah dilakukan Walikota Harnojoyo. Menurutnya, Harnojoyo merupakan walikota yang sangat peduli dengan lingkungan sehingga saat ini Kota Palembang selalu bersih.

“Bukan hanya setahun sekali, setiap minggunya Palembang ada perubahan. Kota Palembang sudah bersih dengan kegiatan gotong royong. Jadi Pak Harno ini walikota gotong royong,” kata Alex pada acara yang dihadiri pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Toni Saut Situmorang, sejumlah bupati serta undangan lainya.

Gubernur juga mengungkapkan, Kota Palembang memang layak sebagai tuan rumah Asian Games, bahkan Palembang sudah sangat layak dan lebih dari layak. “Jelang Asian Games 2018 Kota Palembang harus bersih. Maka itu walikotanya mati-matian gotong royong agar Palembang bersih. Perlu diketahui, Palembang bukan lagi layak, tapi sangat layak sebagai tuan rumah Asian Games,” tegas orang nomor satu di Sumsel itu.

Sementara itu, Pimpinan KPK Toni Saut Situmorang menyambut baik apa yang telah dilakukan Kota Palembang dan Provinsi Sumsel, bahkan dalam pencegahan korupsi peran pimpinan sangat berpengaruh, “Seperti Pak Walikota, sampai rela terjun ke sungai bersama masyarakat, tentu ini sesuatu hal yang positif, mampu membangun kepercayaan ditengah masyarakat, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap pencegahan korupsi di jajarannya,” kata Saut Situmorang. (korankito.com/Eja)