Mulai Hari ini Polresta Gelar Razia Lalulintas Selama 21 Hari

OPERASI SIMPATIK: Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono menyematkan pita kepada petugas kepolisian yang akan terlibat dalam Operasi Simpatik Musi 2017, Rabu (1/3). Foto/Denny

Palembang – Tingginya angka pelanggaran lalulintas yang dilakukan oleh pengendara roda dua. Membuat kendaraan roda dua akan menjadi sasaran utama operasi Simpatik Musi 2017 yang dilakukan Polresta Palembang.

Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono menjelaskan, operasi Simpatik Musi 2017 akan digelar selama 21 hari kedepan, terhitung mulai hari ini hingga 21 Maret 2017.

“Melalui operasi kali ini, kita mencoba untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berkendaraan, agar pelanggaran dapat diminimalisir,” ucapnya usai apel gelar pasukan, di Polresta Palembang, Rabu (1/3) pagi.

Wahyu menambahkan, sebanyak 90 personel kepolisian lalulintas akan dilibatkan dalam operasi Simpatik Musi 2017. Nantinya, anggota yang terlibat didalamnya akan disebar ke titik yang sudah ditentukan. “Polanya, yakni preemtif 50 persen, preventif 20 persen dan refresif 30 persen. Kita utamakan pelanggar seperti melawan arus, melanggar rambu-rambu, terutama dilakukan pengedara roda dua,” katanya.

Ditambahkan Kasat Lantas Polresta Palembang Kompol Harris Batara, Operasi Simpatik Musi 2017 akan dilakukan setiap hari baik siang maupun malam harinya serta tidak terpusat di satu titik dengan melakukan razia. “Anggota kita akan memantau jalan raya. Jika ditemukan pengendara yang melanggar lalu lintas akan langsung kita lakukan penindakan. Jadi operasi ini tidak terpusat melakukan razia di satu titik,” ujar Harris.

Sementara itu, Wakil Kepala Detasemen Polisi Militer (Denpom) II/4 Palembang Kapten Cpm Saripudin mengatakan, pihaknya juga akan semaksimal mungkin membantu pihak kepolisian. “Untuk prajurit yang akan diturunkan tergantung permintaan dari sini (Polresta). Yang pasti kita siap dan semaksimal mungkin akan membantu kepolisian,” tutup Saripudin. (korankito.com/denny)