Gubernur Paparkan Kesiapan Asian Games 2018 di Hadapan KPK

Gubernur H. Alex Noerdin sampaikan kesiapan Sumsel dalam menyelenggarakan Asian Games 2018 dihadapan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang di Ballroom Hotel Arya Duta Palembang. Rabu (01/03).Foto/hms

Palembang- Gubernur H. Alex Noerdin menyampaikan kesiapan Sumsel dalam menyelenggarakan Asian Games 2018 dihadapan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang di Ballroom Hotel Arya Duta Palembang. Rabu (01/03). Dalam kesempatan ini Gubernur membuka Workshop Kolaborasi Tunas Integritas Nasional Tingkat I tahun 2017. Workshop yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berkerjasama dengan Pemerintah Kota Palembang.

Workshop yang mengangkat tema “Akselerasi Pembangunan Budaya Integritas Melalui Kebijakan SDM, Manajemen Risiko Dengan Dukungan Teknologi Secara Gotong Royong” bertujuan untuk mereview hasil pembangunan integritas di Sumatera Selatan serta mengembangkan budaya integritas sehingga mengubah prilaku masyarakat untuk semangat gotong royong, profesional yang diharapkan terbentuknya integritas yang tinggi dan berdisiplin tinggi.

Dalam sambutannya Gubernur Sumsel mengucapkan selamat datang kepada Pimpinan KPK RI Saut Situmorang berserta rombongan.
Kemudian Alex Noerdin memaparkan kesiapan Sumsel menjadi Tuan rumah Asian Games 2018 mendatang seperti membangun Ligh Rail Transit pertama di Indonesia, membangun tiga ruas jalan tol dan juga membangun rumah sakit bertaraf internasional guna mendukung suksesnya penyelenggaraan Asian Games di Palembang.

Menurut Alex, saat ini setiap minggunya Palembang selalu ada perubahan hingga menjelang Asian Games 2018 nanti. Palembang saat ini  Palembang sedang sibuk-sibuknya “Saat ini kesiapan sumsel mencapai 90% baik dari infrastrukur pendukung serta venue-venue”.  Ungkapnya di hadapan pimpinan KPK dan Ketua PPATK.

Lanjut Alex, Palembang sebagai Ibu kota Provinsi Sumsel itu selalu konsisten dalam mencapai ketidakpercayaan kota-kota lain terhadap Palembang dalam hal ini, banyak kota-kota lain yang tidak percaya Palembang bisa melaksanakan Sea Games 2011, sama saja seperti banyak yang tidak percaya Palembang mampu melaksanakan Asian Games nanti.

“Ya beginilah Palembang, Insha Allah palembang jadi kota paling cantik di Indonesia bahkan tingkat dunia,”

Alex menambahkan, Tidak hanya itu saja di Palembang juga tidak pernah terjadi dan tidak akan pernah terjadi kerusuhan antar etnis dan kerusuhan antar budaya, itu juga merupakan modal kedua yang dimiliki Sumsel setelah Jakabaring Sport City yang tengah menjadi modal utama pemasaran Sumsel, yakni sebagai kawasan pusat olahraga ditengah kota yang menjadikan Palembang sebagai wisata olahraga.

“Saya yakinkan Palembang tidak hanya layak, bahkan sangat layak Asian Games di Kota kami,” tegasnya

Sementara itu Pimpinan KPK RI Saut Situmorang mengatakan mengenai integeritas merupakan sesuatu yang bersumber dari warisan teknologi yang mempunyai nilai-nilai gotong royong dan religius. “Dalam memberantas korupsi tidaklah mudah tidak hanya tugas komite integritas saja akan tetapi, setiap lembaga harus didorong dengan nilai kerjasama merubah pandangan untuk maju bersama”. Jelasnya.

Dalam sebuah kepemimpinan dibutuhkan sebuah integritas, pemimpin dituntut untuk lebih dewasa dan mandiri agar index korupsi dapat turun.

“Korupsi itu syaiton dia hanya bisa berlari dengan doa,” tegasnya

Dalam Workshop ini disampaikan 6 materi oleh Ketua PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin dengan sesi tanya jawab.

Acara yang juga dihadiri Walikota Palembang Harnojoyo, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Agung Budi Maryoto, dan FKPD yang berkesempatan hadir. (korankito.com/hms/***)