Gaji ‘Pasukan Kuning’ Empatlawang akan Ditransfer

GAJI : Puluhan petugas kebersihan dan taman Empatlawang mendengarkan penjelasan pihak Bank Sumsel Babek terkait pembayaran gaji, Rabu (1/3). Foto/Rodi

Empatlawang – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Empatlawang menggandeng Bank Sumsel Babel untuk pembayaran gaji petugas kebersihan dan taman atau pasukan kuning. Dengan demikian, kedepan gaji pasukan kuning tidak lagi cash, melainkan ditranfer kerekening masing-masing.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup A Nawawi mengatakan, mulai kedepan nanti gaji petugas taman dan kebersihan tidak lagi cash melainkan sudah di rekening masing-masing. “Memang masih banyak petugas pasukan kuning belum memiliki rekening bank, maka itu akan dibuatkan buku rekening dengan potongan Rp10 ribu untuk adminitrasi buku selanjutnya tidak ada potongan,” ungkapnya.

Selain itu lanjut Nawawi, dengan dibuatkan buku rekening ini memberikan pembelajaran kepada petugas kebersihan untuk menabung sebab banyak pasukan kuning tidak memiliki tabungan. Tidak hanya itu saja dengan dibayar gaji melalui rekening ini menghindari potongan ataupun Pungli.

“Namun tetap apabila petugas kebersihan dan taman tidak masuk tanpa keterangan, tetap akan di potong gajinya dengan dikembalikan kepada negara,” katanya.

Nawawi menjelaskan, untuk tahap awal ini memang ada potongan, namun selanjutnya tidak ada lagi potongan, potongan tersebut dinilai wajar karena untuk buku rekening bank. Maka itulah pihaknya mengundang Bank Sumsel, untuk memberikan penjelasan kepada pasukan kuning. “Sebanyak 173 orang tenaga kebersihan dan 63 orang petugas taman. Ini baru di Tebing Tinggi, nanti di Pendopo juga sama akan diterapkan hal yang sama, artinya seluruh pasukan tidak ada lagi pembayaran cash melainkan dibayarkan melalui rekening,” jelasnya.

Ditempat sama, Kepala Bidang Kebersihan dan Limbah B3 Kodri Mahalisi mengatakan, dengan menggandeng Bank Sumsel Babel ini merupakan bentuk kerja sama yang baik, sebab kedepan Bank Sumsel akan membangun taman di terowongan. “Dengan kerja sama bank Sumsel dalam pembayaran gaji pasukan kuning, setidaknya meringankan tugas kita dan menguntungkan kita sebab Bank Sumsel akan membangun taman di Tebing Tinggi,” tukasnya.(korankito.com/rodi)