Dana Belum Cair, Palembang Tidak Bisa Gelar Pelatda

Ketua KONI Palembang Sumaparman Romans. Foto/Resha

Palembang – Kota Palembang hingga saat ini belum bisa menggelar pemusatan latihan daerah (Pelatda) untuk menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) pada November 2017, karena anggaran untuk itu belum keluar. Padahal, targetnya kontingen Palembang akan mempertahankan titel juara umum yang telah diraih pada Porprov 2015.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Palembang Suparman Romans mengungkapkan, untuk Pelatda kontingen Palembang belum bisa digelar lantara dana yang dibutuhkan belum turun. “Pada prinsipnya masih latihan masing-masing cabor (cabang olahraga-red) belum konsen Pelatda. Harusnya sudah, tapi karena anggaran tidak diakomodir jadi menunda,” ujarnya, Rabu (1/3)

Sambungnya, dibutuhkan dana yang cukup serta beberapa fasilitas untuk mengadakan Pelatda. Ia memperkirakan, untuk akomodasi, penginapan dan lain-lain menelan dana berkisar Rp2 miliar.

Kota Palembang sendiri berjaya dalam Porprov dua tahun lalu di Lubuklinggau. Dengan perolehan 123 medali emas, 73 perak dan 63 perunggu, selisih mereka cukup besar meninggalkan 16 kabupaten/kota yang ada di Sumsel.

Kendati demikian, Suparman belum bisa memprediksi berapa atlet Palembang yang akan diturunkan. Namun dari 28 cabor yang dipertandingkan, Palembang memiliki puluhan hingga ratusan atlet berpotensial untuk menyabet medali jika diakumulasikan dari seluruh cabor yang akan dipertandingkan. “Target kita jelas, mempertahankan gelar juara umum kemarin,” tukasnya. (korankito.com/Resha)