8 Cara Agar Tidak Mengantuk Di Pagi Hari

Ilustrasi/picabay.com

Banyak dari kita pasti sering merasa tidak bersemangat di pagi hari, terutama bagi orang-orang yang hendak melakukan aktivitas di luar rumah baik para pelajar maupun orang dewasa.

 

1.Jangan pasang bunyi alarm yang mengagetkan
Bunyi alarm yang keras hanya akan membuat Anda kaget dan membuat tubuh tersentak, sakit kepala, dan jantung berdebar lebih kencang. Hal ini justru dapat membuat Anda merasa lemas di pagi hari. Cobalah mengganti alarm dengan musik yang lembut agar Anda tidak terbangun dengan rasa  kaget.

2.Perhatikan letak alram
Meletakkan alarm di tempat yang dekat dengan Anda bukanlah pilihan yang tepat. Alarm yang mudah dijangkau dengan tangan justru dapat dengan mudah Anda matikan saat alarm mulai berbunyi. Sebaiknya letakkan alarm di tempat yang jauh dari jangkauan tangan sehingga mengharuskan Anda untuk bergerak jika akan mematikannya.

3.Bangun perlahan
Bangun tidur dengan tergesa-gesa malah dapat membuat sakit kepala dan mata berkunang-kunang. Sebaiknya saat terbangun dari tidur. Mulailah dengan memiringkan tubuh ke samping, tahan selama 5-10 detik, kemudian duduklah perlahan-lahan, tahan lagi selama 5-10 detik, lalu berdiri. Saat berdiri, kembali tahan 5-10 detik sebelum bergerak kemudian lanjutkan dengan peregangan otot ringan.

4.Meregangkan otot
Melakukan peregangan otot setelah tubuh sadar penuh perlu dilakukan untuk menyegarkan tubuh Anda. Letakkan kedua tangan di pinggang, gerakkan kepala ke atas dan bawah, lalu ke kiri dan kanan. Gerakkan bahu ke depan dan belakang, putar leher ke atas dan bawah, kemudian lompatlah secara perlahan beberapa kali saat tubuh terasa segar.

5.Mandi air dingin
Suhu dingin pada air dapat mengusir rasa kantuk Anda. Agar tidak masuk angin, mulailah dengan menyiram kaki terlebih dahulu, kemudian lanjutkan ke perut, dada, tangan, dan akhiri dengan menyiram bagian kepala. Rasa dingin pun tidak terlalu menusuk badan, tapi tetap terasa segar.

6.Sarapan
Sarapan sebelum bekerja sangat penting dilakukan. Sebaiknya isi perut Anda walaupun hanya dengan roti sebab makanan yang disantap di pagi hari akan digunakan tubuh untuk memproduksi energi yang bermanfaat untuk menunjang aktivitas Anda. Selain mengonsumsi makanan, jangan lupa lengkapi menu sarapan Anda dengan segelas susu segar atau jus jeruk yang mengandung vitamin dan nutrisi.

7.Atur waktu tidur
Kebiasaan tidur dan bangun pada waktu yang sama akan membuat ritme biologis tubuh berjalan secara teratur. Hal ini dapat membuat tubuh Anda secara otomatis dapat bangun pagi seperti biasanya tanpa harus dibangunkan dengan alarm. Waktu tidur yang cukup dan teratur juga dapat menjaga kebugaran tubuh.

 

8.Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik dapat membuat tubuh kita merasa rileks dan bersemangat. Kamu bisa mendengarkan musik tanpa lirik atau yang tidak memiliki irama menghentak agar tidak merasa tegang.(korankito.com/berbagaisumber/***)