6 Tips Hilangkan Bau Rokok Dalam Kabin Mobil

Ilustrasi/hipwee.con

Bagi anda yang kebetulan baru saja membeli mobil second atau mobil anda baru saja dipinjam oleh orang yang perokok, hal yang paling menjengkelkan saat masuk dalam kabin mobil adalah tercium bau asap rokok.

Tentunya kegiatan mengemudi jadi tidak nyaman dan spray pengharum jadi pelariannya. Namun baunya hanya sebentar, dan bau rokok muncul kembali karena sudah menempel pada palfon, jok dan karpet. Nah agar baunya cepat hilang dan tidak kembali, ini ada beberapa tips menghilangkan bau asap rokok dalam kabin mobil yang patut dicoba.

tips menghilangkan bau rokok di dalam kabin mobil

1.Bersih-Bersih Kabin
Kabin yang bersih akan meminimalisasi bau, termasuk dari asap rokok yang menempel. Membersihkan kabin secara menyeluruh bisa dilakukan dengan mengangkat karpet karet, melipat jok mobil, menyapu karpet dasar dan selah-selah mobil, serta menghilangkang debu yang menempel menggunakan vacum cleaner..

2.Cuka yang biasa digunakan untuk memasak, ternyata dapat menghilangkan bau rokok. Tuangkan cuka dalam sebuah wadah kemudian diamkan kurang lebih semalaman dalam mobil. Keesokan harinya, bau rokok pasti sudah berkurang.

3.Kulit jeruk juga ampuh untuk menghilangkan bau rokok, cukup tinggalkan beberapa lembar kulit jeruk dalam mobil kita dan biarkan selama beberapa hari sampai kulit jeruk tersebut mengering baru dibuang. Bau pasti telah berkurang bahkan hilang.

4.Baking soda, yang ini mungkin sudah sering digunakan. Yap, bahan yang satu ini memang dapat menghilangkan berbagai macam bau dikarenakan sifatnya yang dapat menyerap berbagai jenis bau. Sebarkan secara merata pada daerah dalam mobil yang terasa paling menyengat bau rokoknya dan tinggalkan selama beberapa jam. Setelah itu, bersihkan baking soda dengan menggunakan vacuum cleaner sampai bersih. Sebelum menyebar baking soda, coba tuangkan sedikit pada permukaan yang akan disebar untuk memastikan tidak ada efek yang disebabkan oleh bahan kimia yang terkandung dalam baking soda.

5.Daun pandan atau bubuk kopi yang di diamkan semalam di dalam kabin agar bau kabin bisa netral kembali.

6.Ketika mobil tidak sedang digunakan, buka pintu dan jendela selebar mungkin selama beberapa lama agar sirkulasi pergantian udara dalam mobil lancar dan mendapat sinar matahari.

Nah. Semoga tips otomotif singkat ini bermanfaat buat Anda yang menginginkan kabin mobil bebas dari bau asap rokok. Selamat mencoba! (korankito.com/berbagaisumber/***)