UN Tahun Ini, 45 Persen Siswa di Sumsel Pilih Biologi

UNBK K Sejumlah siswa SMA di Palembang tengah melakukan UNBK, beberapa waktu lalu. Foto Eja

Palembang – Mata Pelajaran (mapel) Biologi menjadi pilihan utama peserta didik tingkat sekolah menengah atas (SMA) di Sumatera Selatan (Sumsel) untuk ujian nasional (UN) 2017.

Menurut Kasi Kurikulum SMA Disdik Sumsel Arwan, memang belum ada data pasti mengenai jumlah mapel yang dipilih, namun hasil penghitungan sementara untuk mapel Biologi dipilih oleh sekitar 45 persen dari 61.049 peserta didik SMA, sedangkan pilihan berikutnya mapel fisika dan kimia. “Kurang lebih 45 persen mapel biologi persen siswa, sedangkan untuk fisika dan kimia yang tidak jauh berbeda jumlahnya. Kalau untuk jurusan IPS hampir sama rata yakni 30-an persen setiap mapel pilihan seperti geografi, ekonomi dan sosiologi,” terangnya.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Palembang Nasrul Bani menuturkan, total peserta didik di kelas XII mencapai 422 orang, dimana 304 siswa jurusan IPA dan 118 orang jurusan IPS. Dari 304 anak di jurusan IPA, sebanyak 75 persen diantaranya memilih mapel biologi. Hal ini diakuinya sebagai salah satu strategi yang disosialisasikan pihaknya mengingat tingkat intelegensi menghafal siswanya sangat tinggi. “Ini salah satu upaya kita agar nilai UN mereka baik. Sebab kalau kami menilai mereka ini cenderung lebih gemar dan lebih cepat menghafal dibanding menghitung. Maka dari itu kebanyakan dari mereka memilih mapel biologi dibanding fisika dan kimia yang notabene lebih banyak menghitungnya,” tukasnya. (korankito.com/eja)