Tahu, Makanan Murah Kaya Manfaat

Ilustrasi/pixabay.com

Di Indonesia, tahu merupakan makanan yang sangat populer, tahu banyak dijual di pasar hingga supermarket. Harganya yang murah dan rasanya yang lezat membuat makanan ini digemari banyak orang.

Selain itu produk olahan kedelai ini juga diketahui memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, bahkan cocok dimakan oleh seseorang yang menjalani program diet.

Tahu kaya akan protein, mineral, serta kalsium yang sangat diperlukan oleh tubuh. Mengonsumsi tahu secara rutin dapat menjaga kesehatan tubuh.

Nah, bersumber dari berbagai pendapat ahli gizi, berikut ini kami uraikan apa sajakah manfaat yang diperoleh dari mengkonsumsi tahu:

1.Menurunkan risiko penyakit jantung
Mengonsumsi tahu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Tahu mengandung selenium, mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tahu juga kaya akan isoflavon yang membantu meningkatkan elastisitas pembuluh darah.

2.Menjaga kesehatan tulang
Tahu kaya akan berbagai mineral, seperti seng, tembaga, relenium, dan mangan yang diibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang. Tak hanya itu, tahu mengandung kalsium yang berperan penting melawan proses pengeroposan tulang. Mengonsumsi tahu secara rutin dapat mengurangi risiko osteoporosis dan arthritis.

3.Mencegah anemia
Kandungan zat besi dan tembaga pada tahu bermanfaat memperlancar sirkulasi darah. Selain itu, zat besi dapat membantu pembentukan hemoglobin yang mengurangi risiko seseorang terkena gejala anemia.

4.Memperlambat proses penuaan
Tahu dapat memperlambat proses penuaan dengan menjaga elastisitas kulit dan menghilangkan kerutan. Kandungan isoflavon dalam tahu memiliki peran penting untuk melawan radikal bebas yang mempercepat proses penuaan. Tak hanya itu, tahu juga mengandung kolagen yang dapat memperbaiki kerusakan kulit akibat sengatan matahari dan polusi udara.

5.Mencegah kerontokan rambut
Mengonsumsi tahu secara rutin dapat mencegah kerontokan rambut. Tahu mengandung protein yang dapat menutrisi pertumbuhan rambut dan menjaganya tetap sehat.

6.Cocok sebagai menu diet
Tahu merupakan salah satu makanan kaya nutrisi namun rendah kalori yang cocok dikonsumsi oleh para pelaku diet. Meski rendah kalori, mengonsumsi tahu mampu membuat perut kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebihan.

7.Dapat mencegah dan menyembuhkan asam urat
Tahu mempunyai zat protein yang dapat menurunkan kadar zat purin yang ada dalam tubuh dan memperbaiki jaringan asam urat agar tetap sehat dan seimbang.

8.Bersifat Anti kanker Endometrium
Didalam tahu terkandung kedelai yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker endometrium pada wanita lansia pasca menoupause sehingga  walaupun dalam keadaan menoupause wanita akan tetap terlihat bugar dan sehat.


Semoga bermanfaat! (korankito.com/berbagai sumber/***)