Apa Kabar Tim Khusus Anti Bandit?

Anggota Tim Tekap Polresta Palembang.foto/deny

 

Palembang- Tidak tampaknya kinerja anggota Tim Khusus Anti Bandit (Tekab) Polresta Palembang dalam mengungkap kasus-kasus kejahatan, menimbulkan pertanyaan di kalangan masyarakat. Terlebih begal jalanan yang menjarah pemilik motor di jalan masih saja terjadi. Apakah tim yang baru dibentuk ini bubar atau tidak?

Namun, kabar burung Tim Tekab dibubarkan langsung ditepis Kapolresta Palembang Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono. Menurut Kapolres, tim bentukannya itu, saat ini masih tetap ada dan eksis di masyarakat.

“Mereka sekarang masih ada, namun saat ini sedang melakukan penyelidikan di luar sana. Penyelidikan itu, tidak cepat dan semudah yang dibayangkan. Perlu waktu yang panjang,” jelasnya saat dimintai konfirmasi.

Hanya saja, kata Kapolresta, tim Tekab memang tidak selalu siaga di Mapolresta Palembang, oleh karena itulah tidak pernah terlihat anggota-anggota Tekab.

“Mereka itu, tidak selalu stay di kantor. Kalau, ada kejadian-kejadian mereka langsung terjun ke lapangan. Mencari petunjuk-petunjuk untuk mengejar para pelaku,” ujar mantan Wadir Narkoba Polda Metro Jaya ini.

Kasat Reskrim Polresta Palembang Kompol Marully Pardede menambahkan saat ini tim Tekab masih melakukan penyelidikan dan pengejaran tersangka-tersangka begal yang sudah sangat meresahkan warga Palembang.

“Siapa bilang tim Tekab bubar ? Tidak kok, masih ada dan tetap eksis. Kita tunggu saja, gaung ungkap kasusnya. Saat ini mereka sedang melakukan penyelidikan dan pengejaran tersangka,” katanya.

Marully mengatakan, tim Tekab kerjanya bukan meminimalisir pelaku-pelaku begal, melainkan menangkap dan mengungkap kasus-kasus begal. “Meminimalisir itu, tugas dari fungsi preventif Sabhara dan Patroli,” katanya.

Ia juga menjelaskan, ungkap kasus yang dilakukan Tekab sudah banyak. “Sudah banyak ungkap kasus yang dilakukan oleh Tekab, tetapi saya tidak hapal secara detail datanya apa saja,” tutup Marully.(korankito.com/denny)