Aji Santoso-Widodo C Putro Adu Strategi di Solo

Widodo C Putro / Resha

 

Solo-Sriwijaya FC siap meladeni Singo Edan di Ajang Piala Presiden 2017. Pelatih Sriwijaya FC Widodo Cahyono Putro pun menyiapkan timnya guna bisa meredam Arema FC pada babak delapan besar Piala Presiden 2017 di Stadion Manahan, Solo, hari ini Minggu (26/2).

Menurut Widodo, ada beberapa pemain Arema yang patut diwaspadai pada laga itu. Seperti trisula yang dimiliki tim Singo Edan yaitu Esteban Vizcarra, Dendi Santoso, dan Cristian Gonzales. Widodo sudah menyiapkan cara untuk meredam aksi ketiga pemain itu.

“Banyak pemain Arema yang harus diwaspadai, terutama pemain yang masuk sepertiga pertahanan kami. Jika mereka hanya bermain di area mereka sendiri, kami tidak perlu waspadai hanya zona marking saja. Mungkin yang pertama ada Gonzales, Esteban, Dendi, ataupun Sunarto. Itu yang harus diwaspadai saat masuk ke pertahanan kami,” jelas Widodo.

Pelatih asal Cilacap ini mengaku telah mengevaluasi tim selepas babak grup yang dilangsungkan di Bali. Hilton Moreira dan kawan-kawan lolos ke fase delapan besar di bawah Pusamania Borneo FC yang menjadi juara grup 4.

“Sudah disiapkan beberapa skema permainan dan kami sudah mainkan tiga kali selama di Bali. Skema sudah jelas. Saya harap pemain bisa mengerti itu dan khususnya lawan Arema mereka bisa praktekkan itu,” tegas Widodo.

“Arema tim bagus dan tidak banyak berubah, hanya beberapa persen skuad yang berubah. Mereka juga juara grup, dengan produktivitas gol cukup bagus. Saya yakin pertandingan bakal seru dan enak ditonton dan tentu Sriwijaya siap memenangkan pertandingan,” tegasnya.

Di kubu lawan, pelatih Arema Aji Santoso juga menegaskan anak asuhnya siap tempur menghadapi SFC. Ia juga sudah menyiapkan simulasi laga tersebut dalam sesi latihan terakhir di Malang.

Saat sesi latihan di Stadion Gajayana itu, Aji mengubah-ubah komposisi pemain terutama di bagian skuad U-23. Beberapa kali Aji juga menduetkan lini tengah Esteban Vizcarra dengan Fellipe Bertoldo untuk menjadi playmaker ganda. Aji menginginkan Arema mempunyai banyak variasi penyerangan.

“Arema sudah 100 persen sangat siap. Latihan terakhir di Malang. Hanya sebentar saja, biar anak-anak bisa menjaga kondisi. Saat gim ada beberapa situasi dari tendangan bola mati, bertahan, menyerang hingga pemanfaatan peluang sekecil apapun di depan gawang. Tinggal bagaimana mereka berhadapan dengan situasi yang sama saat melawan Sriwijaya FC,” ujarnya.

Aji juga sudah mengantisipasi kemungkinan pertandingan harus diselesaikan dengan adu penalti. Algojo Singo Edan sudah dipersiapkan di Malang, yakni Cristian Gonzales, Dendi Santoso, Ahmad Bustomi, Johan Ahmad Alfarizie, dan Vizcarra.

Kami sudah siap dalam situasi apapun di lapangan, termasuk jika nanti pertandingan deadlock selama 90 menit, sehingga harus adu penalti. Siapa yang akan menembak sudah ditentukan,” kata Aji.korankito.com/reno/berbagai sumber