Ajaib! Ternyata Air Lemon Mengandung Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Ilustrasi/pixabay.com

Tahukah Anda bahwa manfaat jeruk lemon itu sangat banyak dan sangat menguntungkan? Genus Citrus (keluarga jeruk) dikenal sangat kaya manfaat yang memiliki kemiripan satu dengan yang lainnya, namun sebenarnya juga memiliki kekhasan manfaat masing-masing. Hal ini dikarenakan tiap jenis jeruk presentase kandungan nutrisinya berbeda-beda. Jeruk lemon mungkin termasuk jenis jeruk yang kurang banyak dikonsumsi dibandingkan dengan jenis jeruk lain, hal ini dapat dimaklumi karena harganya yang cukup mahal. Jeruk lemon selama ini lebih banyak digunakan sebagai penambah cita rasa masakan dan untuk mempersegar minuman.

Anda mungkin sering mendengar para ahli kesehatan mengatakan bahwa minum segelas air lemon hangat setiap pagi hari, baik untuk kesehatan. Air putih sangat baik untuk kesehatan Anda karena merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh terhidrasi, dan membantu membuang racun berbahaya.

Sedangkan lemon merupakan sumber yang baik dari banyak nutrisi seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, vitamin A, C dan B kompleks serta serat pektin, protein, dan juga karbohidrat. Asam sitrat dalam lemon merupakan zat antibakteri yang kuat, antivirus yang tak kalah kuat dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Cara membuatnya tidak repot kok,  anda hanya perlu memeras jus dari setengah buah lemon, lalu campurkan dalam segelas air hangat. Jika perlu, Anda juga dapat menambahkan sedikit madu untuk menambah cita rasa yang nikmat.

Cara meminumnya di pagi hari adalah pada waktu perut kosong, dan tunggu 30 menit sebelum Anda sarapan.

Nah… sekarang kita coba untuk membahas Berikut manfaat kesehatan dari minum air lemon yang patut Anda ketahui.

1.Memperbaiki sistem pencernaan
Beberapa komponen di lemon merangsang hati untuk memproduksi lebih banyak empedu, Lemon juga membantu sistem pencernaan dalam pembilasan zat-zat yang tidak diinginkan dan membuang racun keluar dari tubuh.

2.Mempertahankan Rasa Kenyang
Jika Anda saat ini sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, minum segelas air lemon hangat dengan madu setiap pagi akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Lemon tinggi serat pektin, yang membantu melawan rasa ingin makan, kelaparan dan membuat Anda merasa kenyang untuk waktu yang lama.

3.Menjaga kesehatan kulit
Konsumsi air lemon hangat rutin setiap hari dapat mempercerah kulit Anda. Air lemon membantu membersihkan darah dan mendorong pertumbuhan sel-sel darah baru. Juga, kandungan vitamin C yang tinggi serta antioksidan lainnya dalam lemon membantu menjaga kulit bebas dari kerutan dan noda, serta membantu memerangi kerusakan akibat radikal bebas.

 

4.Menghilangkan bau mulut
Sifat asam dari lemon, dikombinasikan dengan madu dan air, dapat membantu menghilangkan bau mulut. Campuran ini dapat membersihkan mulut dan mengaktifkan produksi air liur yang membunuh bakteri penyebab bau.

 

5.Mengobati infeksi tenggorokan
Sifat antibakteri lemon dapat membantu menyembuhkan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan dan tonsilitis. Bahkan, orang yang minum segelas air jeruk nipis hangat setiap pagi berisiko lebih rendah menderita infeksi tenggorokan. Minuman sehat ini bahkan membantu mencegah masalah pernapasan seperti asma.

6.Membantu mengontrol tekanan darah tinggi
Untuk anda yang menderita tekanan darah tinggi bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari minuman sehat ini. Lemon membantu membersihkan sistem limfatik dan menjaganya tetap terhidrasi.


Kandungan kalium yang tinggi dalam lemon juga membantu Anda tidur lebih baik, mengurangi stres dan meningkatkan fungsi mental Anda, yang nantinya membantu menjaga tekanan darah Anda dalam level normal.

7.Membersihkan saluran kemih
Air lemon hangat bertindak sebagai diuretik. Oleh karenanya, minum air lemon secara rutin dapat membantu membersihkan saluran kemih dan mendorong produksi urine. Minuman sehat ini dapat mengubah tingkat pH saluran kemih, yang nantinya mengecilkan proliferasi bakteri jahat.

Nah.. demikian tadi beberapa manfaat jeruk lemon untuk kesehatan tubuh, sebenarnya masih banyak manfaat yang terkandung dalam buah lemon, Insya Allah akan kami bahas dimasa yang Kan datang.

Ingat! Lakukanlah secara rutin, dan anda akan merasakan manfaatnya. Selamat mencoba! (korankito.com/berbagai sumber/***)