Berbagai Manfaat Beras Ketan Untuk Kesehatan

Ilustrasi

Beras Ketan merupakan salah satu bahan makanan sejenis nasi tetapi tidak semua orang dapat mengkonsumsi makanan jenis ini.

Beras ketan juga merupakan sumber serat dan juga nutrisi yang di perlukan oleh tubuh.

Biasanya tidak semua orang dapat mengkonsumsi beras ketan ini karena jika mengidap penyakit maag atau penderita  diabetes  tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi jenis beras yang satu ini.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat beras ketan ternyata sangat baik karena dapat menambah energi dalam jumlah yang sangat besar. Ketan atau biasa disebut beras ketan, adalah makanan pokok yang biasa disajikan dalam masakan khususnya Indonesia.

Bahan makanan ini dapat diolah dengan cara dikukus atau direbus untuk digunakan dalam berbagai macam resep masakan. Tekstur ketan berasal dari mutasi genetik tunggal yang menyebabkannya lengket.

Mengkonsumsi ketan ternyata menawarkan berbagai manfaat kesehatan dengan meningkatkan asupan mineral dan vitamin penting bagi tubuh.


Manfaat Beras Ketan

1.Sebagai sumber energi
beras ketanSetiap cangkir beras ketan yang dimasak mengandung 169 kalori atau sekitar 8% dari rekomendasi asupan kalori harian berdasarkan diet 2.000 kalori.

 

2.Dapat menurunkan resiko penyakit jantung

Kandungan serat dalam secangkir beras ketan yang dimasak adalah +/- 1,7 gr. Serat dalam ketan juga menawarkan manfaat kesehatan, yaitu memberikan kontribusi untuk diet tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3.Membantu menangkal radikal bebas
Selenium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh yang banyak terkandung dalam beras ketan. Senyawa ini bertindak sebagai anti-oksidan dalam tubuh untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

4.Mengatur aktivitas hormon tiroid
Kandungan Selenium dalam beras ketan juga bermanfaat untuk kelenjar tiroid dengan cara mengatur aktivitas hormon tiroid dan membantu pembuluh darah berfungsi dengan baik.

5.Menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat
Beras ketan juga menawarkan kandungan mangan yang bermanfaat bagi kesehatan karena zat tersebut berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat. Metabolisme yang sehat akan membantu memproses karbohidrat, protein dan kolesterol dalam tubuh.

6.Manfaat beras ketan yang cukup berperan salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang.

 

7.Menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat
Beras ketan merupakan sumber prebiotik yang baik bagi tubuh yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik yang biasanya hidup di usus dan yang diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

 

8.Membantu menyehatkan sistem pencernakan dalam tubuh. Dalam secangkir sajian beras ketan yang dimasak mampu menghasilkan kurang lebih 1,7 gr serat atau sekitar 7% dari asupan harian yang direkomendasikan bagi seorang wanita yaitu 25 gr.

9.Membantu mencegah anemia
Kandungan vitamin B-6 dalam beras ketan mampu mencegah anemia dengan cara membantu memproduksi sel-sel darah merah. Dalam secangkir sajian beras ketan menyajikan sekitar 4% vitamin B6 dari rekomendasi asupan harian.

10.Membantu mengontrol nafsu makan
Kandungan vitamin B6 dalam beras ketan mampu menghasilkan neurotransmitter serotonin yang dapat membantu mengatur nafsu makan dan juga suasana hati.


11.Mencegah penuaan dini
Kandungan asam amino dan anti-oksidan yang ada dalam beras ketan dapat membantu merwat kesehatan kulit, yang nantinya dapat mencegah penuaan dini.

Meskipun beras ketan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi sebaiknya selalu memperhatikan batas konsumsi yang aman bagi tubuh. Karena beras ketan memiliki indeks glikemik yang tinggi yaitu 87, maka  membuatnya tidak sehat bagi penderita diabetes. Semoga bermanfaat! (korankito.com/berbagaisumber/***)