Tips Menjadikan Rumah Sempit Tampak Luas

Ilustrasi/small.justeasy.cn

Rumah sempit bisa disiasati dengan desain interior yang tepat agar tampak lebih luas dan indah. Bisa nggak ya? Bagaimana caranya?

Berdasarkan pendapat dari beberapa ahli desain interior, setidaknya ada lima cara agar rumah sempit terlihat luas dan bisa menampung banyak barang. Lima cara ini meliputi penataan benda di rumah, pemilihan desain tempat tidur, gorden, warna dominan rumah, dan aksesoris rumah.

1. Penataan Benda
Usahakan jangan memilih barang yang berukuran besar. Perlu Anda ketahui, barang berukuran besar bisa menutupi banyak bagian dari lantai Anda. Pilih pula lantai dengan motif sederhana, sehingga memunculkan kesan lapang dan bersih.

Tatalah barang seringkas mungkin. Bila perlu, gunakan lemari dinding untuk menyimpan barang-barang, sehingga tidak perlu menghabiskan banyak tempat.

Ilustrasi/popeti.com

2. Desain Tempat Tidur
Jika rumah Anda kecil, begitu pula dengan kamar tidurnya, usahakan memilih tempat tidur yang tidak menghabiskan space. Bila Anda berkenan sedikit repot, silakan mendesain tempat tidur secara khusus, sehingga bisa memenuhi kebutuhan ruang Anda. Anda perlu menata barang di kamar Anda gara tempat untuk istirahat tersebut tidak terkesan penuh denga benda dan menimbulkan kesan sumpek.

3. Gorden
Untuk pemilihan gorden, gunakan gorden yang berbahan katun. Selain ringan, gorden berbahan kain katun bisa menimbulkan kesan lapang untuk seluruh ruangan di rumah Anda. Terlebih ketika gorden ditiup angin.

4. Warna Dinding
Gunakan warna dinding yang sama untuk semua ruangan. Usahakan pula untuk memilih warna cerah. Bila perlu, gunakan lampu dinding. Selain untuk menerangi ruangan, lampu dinding ini juga bisa berfungsi sebagai hiasan rumah sekaligus menimbulkan kesan luas.

5. Aksesoris Rumah
Meski rumah sempit, Anda tetap bisa meletakkan aksesoris rumah. Hanya saja, pilihlah hiasan rumah yang berbentuk ramping dan bermotif dengan warna cerah. korankito.com/berbagai sumber/***