Jambret Nyaris Tewas Dihakimi Massa

Kasat Sabhara Polresta Palembang Kompol Rachmat Syawal Pakpahan, saat mengamankan tersangka dari amukan massa. Foto/Denny

Palembang-Seorang diduga pelaku penjambretan, M Jamil (31), nyaris tewas diamuk massa yang berada di sekitar jalan Lingkaran Dempo Dalam, Kecamatan Ilir Timur (IT) II Palembang, Kamis (23/2) sekitar pukul 13.00.

Beruntung, petugas anggota Satuan Sabhara Polresta Palembang cepat tiba di lokasi kejadian. Sehingga, tersangka langsung diamankan dan digelandang ke Polresta Palembang untuk menjalani pemeriksaan.

Berdasarkan data dihimpun, pelaku menjambret seorang pelajar sekolah menengah atas (SMA) di lokasi. Namun sialnya, saat hendak melarikan diri, rantai sepeda motor Yamaha Jupiter MX yang ia kendarai putus.

Tak pelak, tersangka kemudian menjadi bulan-bulanan warga yang kesal dengan perbuatannya. Hanya saja, teman tersangka yang belum diketahui identitasnya berhasil kabur dari kerumunan warga.

Namun, Jamil membantah kalau dirinya merupakan pelaku jambret. Ia mengaku hendak pulang ke rumah di Jalan Betawi Raya, Kecamatan Sako Palembang, dengan mengendarai sepeda motor Yamaha Jupiter Mx.

Kemudian, lanjutnya, ketika melintasi depan Internasional Plaza (IP) Palembang ada seorang lelaki yang ingin menumpang sepeda motornya dengan tujuan kawasan 14 Ilir, Kecamatan IT II Palembang.

“Saat melintas kawasan tersebut, ada orang berteriak jambret. Sehingga, warga pun langsung mengepung kami. Saya berhasil ditangkap dan orang yang menumpang saya tadi, melarikan diri,” ucapnya.

Jamil menambahkan, ia tidak mengenal pemuda yang menumpang sepeda motornya itu. “Sumpah pak, saya tidak kenal dengan orang itu. Dia mau ikut, jadi saya ajak dia. Kalau saya mau jambret, pasti sudah lari,” elak tersangka.

Sementara itu, Kasat Sabhara Polresta Palembang Kompol Rachmat Syawal Pakpahan membenarkan pihaknya sudah mengamankan pelaku yang diduga merupakan jambret.

“Kita mendapatkan informasi dari warga mengatakan ada diduga pelaku penjambretan yang diamuk massa. Kita langsung mendatangi lokasi. Karena keterbatasan waktu, kita mendapatkan pelaku sudah babak-belur,” katanya.

Menurutnya, saat ini tersangka beserta barang bukti sepeda motor Yamaha Jupiter MX warna hitam dengan nopol BG 4369 ZS sudah dibawa ke Polresta Palembang, dan akan diserahkan ke Unit Reskrim Polresta Palembang.

“Pelaku diduga dua orang, satu berhasil melarikan diri. Kita juga masih mencari korbannya, karena kehilangan jejak. Jadi, kita mengimbau bagi warga yang merupakan korbannya untuk membuat laporan,” tutupnya. (korankito.com/denny)