Bisa Dipercaya

Sumsel Butuh 250 Tenaga Ahli Informatika

INFORMATIKA: Sedikitnya 75 lulusan SMK, D1, D2 dan D3 bidang informatika se-Sumsel ikuti pelatihan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), di palembang, Rabu (22/2). Foto/Eja

 

Palembang – Sedikitnya 75 lulusan SMK, D1, D2 dan D3 bidang informatika se-Sumatera Selatan (Sumsel) ikuti pelatihan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk angkatan kerja muda di Palembang, selama tiga hari mulai Rabu (22/2).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Sumsel Farhat Syukri menerangkan, Sumsel masih membutuhkan 250 tenaga ahli dibidang informatika dengan adanya pelatihan ini pihaknya merasa sangat terbantu meski kebutuhannya belum terpenuhi. “Kegiatan ini sangat penting dalam mempersiapkan angkatan muda dalam menghadapi fase digital. Meski belum tercukupi semuanya, kami merasa tertolong dengan adanya pelatihan ini,” ungkapnya seusai pembukaan sertifikasi berbasis SKKNI, Rabu (22/02).

Sementara itu, Kepala Pusbang Litprof SDM Informatika Hedi M. Idris menambahkan, sasaran kegiatan ini adalah terwujudnya SDM yang berkompeten dibidang informatika. Djelaskannya, ada tiga klaster dalam pelatihan ini yaitu Junior Office Operator, Junior Web Programmer, dan Network Technician.

Diakuinya, awalnya yang mendaftar untuk pelatihan ini mencapai 200 an orang, namun dengan seleksi administratif hanya 75 orang yang bisa mengikuti pelatihan ini. “Dari 75 orang inu juga belum semuanya lulus, karena pada hari kedua dan ketiga ada tes dan evaluasinya,” tuturnya. (korankito.com/eja)