Pembangunan Infrastruktur Fokus Musrenbangcam Tebing Tinggi

MUSRENBANGCAM : Kecamatan Tebing Tinggi gelar Musrenbangcam yang dihadiri kades, lurah serta tokoh masyarakat, Rabu (22/2). Foto/Rodi

Empat Lawang – Percepatan pembangunan infrastruktur desa mulai jalan setapak hingga rehab kantor desa menjadi fokus usulan yang mengemuka dalam musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Musrembangcam), Kecamatan Tebing Tinggi, Rabu (22/2).

“Banyak sekali usulan pembangunan yang diajukan kepala desa (kades) dan lurah, termasuk usulan penbangunan kantor lurah dan kantor desa,” ungkap Camat Tebing Tinggi Suan Amri dalam acara yang dihadiri Asisten I Lukman Panggar Besi, Sekretaris BAPPEDA Tarmizi, anggota DPRD Herman Rosul serta kades dan lurah se-Kecamatan Tebing Tinggi itu.

Suan Amri mengungkapkan, empat kantor lurah yang ada di Kecamatan Tebing Tinggi, hingga saat ini masih bersifat sementara dan ada yang masih sewa. Sedangkan dua kantor lurah lainnya, sudah permanen namun perlu rehab berat. “Ini usulan prioritas yang sangat mendesak untuk dibangun,” ujarnya.

Sedangkan di desa, Suan Amri menjelaskan, banyak yang mengusulkan pembangunan jalan setapak, jalan lingkar desa, lampu jalan, air bersih, jembatan gantung, jalan aspal dan lainnya. “Semua usulan ini akan kami perjuangkan, agar kiranya bisa menjadi perhatian Pemkab Empat Lawang,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris BAPPEDA Empat Lawang Tarmizi mengatakan, lurah ataupun kades yang mempunyai usulan, kiranya bisa menjalin komunikasi dengan Pemerintah Kabupaten Empat Lawang, melalui Bagian Pembangunan, BAPPEDA, TAPEM dan lainnya. “Bila perlu usulan tersebut disampaikan kepada semua instansi terkait agar bisa menjadi prioritas,” ungkap Tarmizi.

Sedangkan tokoh masyarakat setempat H Muhayyan mengatakan, sudah ada beberapa warga yang siap menghibahkan lahannya untuk pembangunan infrastruktur atau fasilitas umum bagi masyarakat. “Yang sudah ada hibah lahannya, hendaknya bisa menjadi prioritas utama. Sayang sekali jika lahannya sudah ada, tapi tidak dimanfaatkan,” ujar Muhayyan yang turut pula hadir pada Musrembangcam tersebut. (korankito.com/Rodi)