Bisa Dipercaya

Cara Mengatasi Kesemutan

Ilustrasi/kesemutan.org

Caranya cepat dan mudah. Setiap orang pasti pernah mengalami kesemutan. Kesemutan memang bukanlah penyakit, namun rasa yang ditimbulkannya cukup tidak nyaman. Bagian badan yang kesemutan akan terasa seperti tertusuk – tusuk jarum yang banyak, kaku, dan atau seperti tersengat listrik, dan biasanya kesemutan itu akan hilang dengan sendirinya, sehingga banyak yang terkesan meremehkan atau mengabaikan kesemutan ini.

 

Namun apabila intensitas kesemutan tersebut semakin tinggi, semakin lama semakin sering serta bidang cakupannya yang meluas dikhawatirkan kesemutan yang dialami merupakan gejala dari penyakit yang cukup serius.

 

Berita Sejenis

Mengejar Impian Demi Sang Ayah

Sumsel Bakal Ciptakan Pramuka Berwawasan Ilmiah

Meilia : Utamakan Penunjang Akademik Mahasiswa

1 daripada 3.100

Cara Mudah Mengatasi Kesemutan

Kesemutan dapat diatasi dengan cara
Memperbaiki aliran darah di bagian tubuh yang kesemutan, seperti dengan menggerak – gerakkan tubuh yang kesemutan secara perlahan atau dengan memijatnya perlahan lahan.


Konsumsi vitamin B1, B6, an B12. Vitamin ini membantu memperbaiki fungsi syaraf dan berfungsi sebagai zat pengantar metabolisme tubuh. Ketiga vitamin tersebut tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga harus dipenuhi melalui makanan.


Menghindari minuman beralkohol karena minuman beralkohol dapat menyebabkan defisiensi vitamin B terutama vitamin B1.

Adapun tips yang bisa dilakukan apabila terjadi kesemutan adalah:


Kesemutan pada tangan
Kesemutan pada tangan disebabkan oleh karena terhambatnya aliran darah yang mengalir ke syaraf – syaraf pada tangan.

 

Kesemutan pada tangan biasanya timbul ketika seseorang sedang dalam posisi tidur dan terkadang tidak menyadari bahwa tangan terhimpit atau tertindih dengan badan.

 

Bisa juga terjadi karena aktivitas lain dimana tangan menopang atau memegang suatu benda terlalu lama. Untuk mengatasinya, sobat bisa melakukan beberapa cara di bawah ini:

Segera posisikan tangan pada posisi yang nyaman.


Jika kesemutan terjadi pada tangan kiri maka jentikkanlah dengan sekuat tenaga jempol kaki kanan. Lakukan hal yang sebaliknya jika terjadi pada tangan kanan.
Setelah sobat melakukan hal di atas sobat akan merasakan tangannya seperti tertusuk – tusuk dan ketika tangan dipindahkan akan terasa kebas yang rasanya tidak menyiksa. Cukup diamkan hingga rasa kebas menghilang perlahan.

Kesemutan pada kaki
Seperti kesemutan pada tangan, kesemutan pada kaki juga disebabkan karena terhambatnya aliran darah ke syaraf kaki.

 

Kesemutan yang terjadi di kaki biasanya karena terlalu lama duduk bersila atau ketika kaki tertindih terlalu lama. Untuk mengatasinya, ada tips yang bisa sobat praktekkan, diantaranya adalah:

Segera posisikan kaki dalam keadaan nyaman


Jika kesemutan terjadi pada kaki kiri maka jentikkanlah dengan sekuat tenaga jempol tangan kanan. Lakukan hal yang sebaliknya jika terjadi pada kaki kanan.

 

Setelah sobat melakukan hal di atas sobat akan merasakan kakinya seperti tertusuk – tusuk dan ketika kaki dipindah posisikan akan terasa kebas yang rasanya tidak menyiksa. Cukup diamkan hingga rasa kebas menghilang perlahan.

Itu tadi beberapa tips cara mengatasi kesemutan yang bisa sobat lakukan untuk meringankan dan juga menghilangkan gejala kesemutan yang biasanya seringkali terjadi dan cukup mengganggu.

Selamat mencoba! korankito.com/berbagai sumber/***