Cara Melewati Genangan Air Di Jalan Saat Mengendarai Mobil

 

Ilustrasi/ciricara.com

Curah hujan saat ini benar benar sedang dalam intensitas yang cukup tinggi, hal itu mengakibatkan banyak sekali ruas jalan yang tergenang air yang cukup tinggi dan membuat pengguna jalan menjadi was was dan khawatir bakal mengalami mogok ditengah genangan air.

Namun wajib diperhatikan jika ketinggian air sampai menutup lubang udara, sebaiknya kita tidak memaksakan diri. Lebih baik mencari jalan alternatif.

Namun bila ketinggian air masih di batas yang masih bisa dilewati, maka ada baiknya pengguna kendaraan untuk berhati-hati dan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1.Gunakan gigi persneling terendah, 1, pada mobil bertransmisi manual serta L, S, atau D1, untuk mobil bertransmisi otomatis.


2.Hindari menginjak kopling pada mobil bertransmisi manual


3.Pertahankan putaran mesin maksimal pada 2.000 rpm


4.Gunakan selalu lampu penerangan


5.Kenali posisi letak air filter, usahakan jangan sampai air filter terkena hempasan banjir.


6.Jaga jarak dengan mobil di depan sebagai patokan. Ketinggian air bisa dilihat dari kendaraan di depan. Setelah melewati genangan, ujilah rem untuk memastikan masih berfungsi dengan baik atau tidak.


Segera periksa kendaraan jika rem bermasalah, dan segera lakukan perbaikan supaya kita terhindar dari bahaya yang disebabkan rem yang bermasalah.

Apabila terjebak di genangan dan mesin mobil mati, jangan dinyalakan.

Sebab, hal tersebut dapat memperparah kerusakan mesin. Mintalah bantuan orang lain untuk mendorong mobil ke lokasi yang aman dari genangan.
Tunggu sampai mobil dalam keadaan kering atau kalau perlu panggil mekanik untuk memastikan mesin mobil siap dipacu kembali. korankito.com/berbagaisumber/***