Luar Biasa! Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan

Ilustrasi/manfaat.co

Sebagian masyarakat sering menyebutnya dengan nangka buris, nangka sebrang, nangka walanda, srikaya jawa, dan nangka landa. Buah ini memiliki ciri khas yaitu kulit yang berwarna hijau dengan banyak duri di permukaannya, hampir mirip dengan buah durian.

Tahukah Anda buah sirsak yang sering dikonsumsi dalam bentuk jus ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan? Dan saat ini buah yang bernama lain Annona muricata ini sudah populer dan tumbuh subur di Indonesia.

Tak perlu diragukan, minuman dari sirsak tentu sangat nikmat jika disajikan dingin atau ditambahkan es. Buah sirsak ternyata bukan cuma menjadi minuman penyegar saja, tetapi dibalik itu sirsak memiliki aneka manfaat untuk kesehatan tubuh karena banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya.

Belakangan ini, banyak riset dan kajian yang membahas tentang khasiat dan manfaat dari buah sirsak. Dari hasil riset itu ternyata membuat banyak orang merasa takjub bahwa sirsak banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Disamping manfaat yang banyak dari sirsak untuk dunia kesehatan. Banyak para pakar kesehatan, khususnya dalam bidang obat tradisional, buah sirsak dijadikan salah satu bahan untuk produk herbal karena khasiat yang berguna untuk menjaga kondisi tubuh tetap terjaga.

Berikut ini adalah kandungan yang bermanfaat dari buah sirsak, yaitu muricapentocin, acetogenins, linoleic  acid, annocatacin, gentisic  acid, annocatalin, gigantetronin, annonacin, caclourine, annomuricin, anomurine, annohexocin, dan anonol.

Dengan kandungan yang banyak tersebut, Anda harus tahu sebaiknya apa saja manfaat kesehatan dari buah sirsak yang sangat berguna bagi tubuh. Berikut penjelasannya :

1.Sirsak dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan pada tubuh. Ketahuilah tubuh yang selalu mengkonsumsi sirsak akan tahan terhadap penyakit.

2.Sirsak mampu membasmi kolestrol jahat dalam tubuh
Buah sirsak juga mengandung banyak serat yang sangat berguna untuk tubuh. Serat yang terkandung pada buah sirsak sangat ampuh dalam proses penyerapan kolestrol jahat dalam tubuh. Jika kita mengkonsumsi jus buah sirsak secara rutin maka tubuh akan sehat dan tidak terserang berbagai jenis penyakit yang diakibatkan karena kolestrol jahat.

3.Sirsak dapat menjadi sumber asupan tenaga untuk tubuh
Banyak orang beranggap karbohidrat berasar dari beras atau ubi saja. Buah sirsak juga ada kandungan karbohidrat  yang bermanfaat sebagai sumber tenaga. Selain karbohidrat sebagai sumber energi, sirsak mengandung vitamin B1 yang bermanfaat untuk optimalisasi fungsi organ penting tubuh yaitu otak, jantung, paru-paru, dan ginjal.

4.Sirsak berkhasiat untuk kesehatan tulang
Buah sirsak secara fakta banyak mengandung zat dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Selain mengandung vitamin C dan B, sirsak memiliki fosfor dan kalsium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang.

Efek positif dari mengkonsumsi sirsak secara rutin adalah kita akan terhindar dari penyakit tulang keropos atau osteoporosis. Apalagi ditambah dengan kegiatan rutin berolahraga dapat juga membantu tulang menjadi kuat. Kombinasi yang baik jika mengkonsumsi sirsak dengan olahraga agar tubuh menjadi sehat.

5.Sirsak membantu menambah daya ingatan (memori) dan konsentrasi
Kandungan tiamin yang berasal dari buah sirsak ternyata berguna untuk memelihara fungsi otak manusia dan mampu menambah atau meningkatkan kekuatan ingatan sekaligus konsentrasi. Bagi Anda para pelajar, sangat cocok untuk konsumsi sirsak agar lebih baik dalam belajar.

6.Sirsak bermanfaat sebagai pencegah berbagai penyakit kanker

Kita sering mendengar kanker adalah penyakit ganas yang hanya bisa disembuhkan melalui metode canggih. Tetapi sirsak dapat mencegah beberapa penyakit kanker hanya dengan mengkonsumsi sirsak saja. Adapun kanker yang bisa dicegah adalah kanker usus besar, kanker payudara, kanker prostat dan lainnya.

7.Sirsak bisa mencegah penyakit mata katarak
Bagi orang yang mengalami gangguan pada mata seperti mata rabun dan katarak. Sirsak dapat menjadi solusi mudah dan murah. Caranya dengan rajin minum buah sirsak dua kali sehari, dapat menurunkan risiko pada gangguan atau penyakit yang ada pada mata.

8.Manfaat sirsak dapat menyembuhkan bisul

Salah satu penyakit kulit yang sangat ditakuti oleh banyak orang adalah bisul. Jangan kawatir sirsak bisa menjadi alternatif penyembuhannya. Tentunya cara pembuatan ramuannya pun sangat mudah. Pertama kali Anda pisahkan daging buah sirsak. Buat isi atau daging sirsak tersebut sampai menjadi halus atau hancur seperti bubur. Setelah sirsak seperti menjadi bubur, tempelkan sirsak pada area kulit yang terkena bisul.

 

Tunggu sampai beberapa menit sampai menjadi kering. Jika sudah kering, Anda harus membasuh menggunakan air hangat sampai bersih. Cara pengobatan ini tidak bisa hanya sekali saja, tetapi harus dilakukan hingga beberapa kali sampai bisul yang ada pada kulit menjadi sembuh atau normal.

9.Sirsak mampu sembuhkan sakit kepala sebelah atau migrain
Kebanyakan orang yang mengalami sakit kepala contohnya migrain pasti selalu mencari solusinya dengan obat atas rekomendasi dokter. Tapi apakah cukup hanya dengan obat? Obat dari dokter tidaklah cukup sebagai solusi dari sakit migrain. Ada obat yang berbahan alami untuk atasi migrain. Buah sirsak ternyata masuk dalam daftar itu.

10.Sirsak berkhasiat untuk kulit agar tetap lembab
Dibalik rasa yang enak dari sirsak ternyata menyimpan manfaat yang baik untuk memelihara kelembaban kulit agar tetap sehat. Caranya gampang, konsumsi sirsak secara teratur agar mendapatkan kulit yang sehat dan bagus.

11.Sirsak mempunyai khasiat untuk menyembuhkan wasir atau ambeien.
Buah Sirsak sangat mudah untuk dijadikan obat wasir. Pertamal, seduh terlebih dulu sirsak dengan air panas. Kemudian Anda pisahkan air dengan buah sirsak. Buah sirsak diperas yang sebelumnya telah diseduh hingga mengeluarkan air. Setelah selesai diperas, air hasil perasan tersebut diminum. Agar penyakit wasir cepat sembuh, konsumsilah obat atau ramuan dari sirsak ini 2 kali setiap hari. Mudah-mudahan wasir yang diderita akan sembuh.

12.Buah sirsak dapat mencegah dan mengobati penyakit anemia
.
13.Sirsak bermanfaat untuk memelihara pencernaan agar sehat
Sistem pencernaan merupakan hal penting karena disitulah sumber gizi dari makananan atau minum diserap dan dicerna. Jangan sampai terjadi penyakit karena gangguan pencernaan seperti diare ataupun sembelit.

14.Buah sirsak dapat menekan bahaya penyakit serangan jantung
Buah sirsak yang terkenal ini pun tidak luput dari riset yang menunjukkan bahwa sirsak dapat bermanfaat untuk mengusir aterosklerosis yang berada di jantung. Hal ini sangat berbahaya, karena itu berarti sebuah situasi dimana arteri pada jantung yang berubah menjadi tebal.

Sebagai upaya pencegahan mengkonsumsi buah sirsak dapat menjadi salah satu solusi agar jantung tetap sehat.


Sungguh mengagumkan bukan! Buah sirsak yang selama ini sering dinikmati hanya sebagai minuman segar ternyata dapat menjadi jawaban atas berbagai penyakit mulai dari kanker sampai wasir. Semoga bermanfaat!  korankito.com/berbagaisumber/***