Cara Mudah Menata Dapur Tetap Bersih Dan Rapih

Ilustrasi/pixabay.xom

Menata dapur agar bisa jadi lebih mudah jika kita memiliki cukup tempat penyimpanan. Berikut beberapa tips agar dapur kita tetap bersih dan rapih :

1. Laci untuk peralatan masak ukuran kecil
Laci lebih baik daripada lemari karena barang-barang ukuran kecil yang disimpan di laci terlihat dari atas sehingga lebih mudah ditemukan dan dijangkau.


Sebaliknya, benda-benda di pojok belakang lemari tidak terlihat dan sulit diraih.


Walau begitu, lemari dinding tetap diperlukan untuk memanfaatkan ruang dapur sebaik mungkin.

2. Kabinet bumbu
Alokasikan satu kabinet untuk bumbu-bumbu kering siap pakai, tepung, dan biji-bijian. Simpan setiap jenis bahan tersebut di toples-toples transparan yang diberi label. Saus botolan bisa juga masuk dalam kabinet ini.

3. Kabinet untuk makanan kering, kopi dan teh
Sediakan satu kabinet untuk persediaan kopi, dan teh. Satu kabinet lain untuk  makanan kaleng, dan makanan instan. Kita bisa membiarkan bahan-bahan ini di kemasan aslinya sehingga kamu bisa mudah melacak tanggal kedaluwarsanya.

4. Taruh bahan-bahan yang jarang dipakai di lokasi paling tinggi di dalam kabinet dinding, bukan di atas kabinet dinding. Ini agar kebersihan barang-barang tetap terjaga.

5. Secara rutin periksa dan bersihkan laci serta kabinet
Selalu rutin cek bahan-bahan makanan, terutama makanan kering yang ada dalam kabinet. Lakukan minimal 6 bulan sekali. Ini untuk memeriksa kondisi bahan makanan masih layak atau tidak.
Bersihkan laci dan kabinet minimal tiap bulan, agar terjaga kebersihannya.

6. Minyak goreng
Letakan minyak goreng dalam botol, dekat dengan kompor. Pastikan tertutup rapat dan pisahkan antara minyak baru dengan yang telah dipakai. Cuci rutin botol penyimpanan. korankito.com/berbagai sumber/***