Tim Cagar Budaya Apresiasi Pemko Palembang

Tugu Belido di pelataran BKB Palembang. Foto/Ningrum

Palembang – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tetap melakukan pembangunan tugu yang digadang-gadangkan bakal menjadi salah satu iconik Kota Palembang. Saat ini, progres pembangunan dalam tahap pembangunan pondasi tiang pancang tugu. Pembangunan pondasi tiang pancang sendiri bergeser sekitar 35 sampai 40 meter ke arah River Side, sehingga penggalian di titik awal sebelumnya harus dikembalikan seperti semula.

Menanggapi pergeseran ini, anggota tim cagar Budaya yang juga budayawan Kota Palembang Yudi Syarofie mengatakan, sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Pemko Palembang. Terlebih dengan melakukan pergeseran pembangunan pondasi tiang pancang dari titik awal sebelumnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya memang pernah memberikan masukan kepada Pemko Palembang mengenai tata letak pembangunan Tugu Belido sebelumnya. Dimana pihaknya memang meminta untuk tidak dibangun di zona tersebut karena zona tersebut masuk dalam area Benteng Kuto Besak (BKB).

“Kita apresiasi lah apa yang sudah dilakukan Pemko Palembang yang punya keinginan untuk mengabadikan sesuatu yang akan hilang yaitu ikan belido ini,” katanya.

Hanya saja ke depannya, ia menghimbau kepada pemerintah untuk melakukan koordinasi terlebig dahulu sebelum melakukan pembangunan di area-area yang termasuk cagar budaya. Menurutnya, koordinasi perlu dilakukan bukan untuk menghalangi pembangunan di area cagar budaya namun untuk meminimalisir resiko-resiko yang dapat terjadi.

“Untuk pembangunan sebelumnya ya sudahlah kan sudah dibangun. Kedepannya kalau ingin membangun di area cagar budaya agar lebih memperhatikan undang-undang cagar budaya yang ada,” tukasnya. (korankito.com/ria)