Bisa Dipercaya

Pondasi Tiang Pancang Tugu Belido Bergeser 40 Meter

 

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Tegoeh

Palembang – Meskipun sebelumnya mendapatkan tentangan dari tim cagar budaya mengenai pembangunan Tugu Belido,  tidak menyurutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk tetap melakukan pembangunan tugu yang digadang-gadangkan bakal menjadi salah satu iconik Kota Palembang.  Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang Sudirman Tegoeh. Sudirman menjelaskan pembangunan Tugu Belido tetap berjalan.

Berita Sejenis
1 daripada 26

“Saat ini sedang dalam tahap pembangunan pondasi tiang pancang tugu. Sedangkan Tugu Belido sendiri dibuat tersendiri jadi nantinya begitu pondasi tiang pancang selesai, Tugu Belidonya baru didatangkan dan segera dipasangkan,” ungkap Sudirman saat ditemui di ruangannya, Senin (20/2).
Sudirman tidak memungkiri memang terdapat kendala dalam pembangunan Tugu Belido ini. Kendala tersebut yakni adanya penolakan yang dilontarkan tim cagar budaya Sumsel. Dimana menurut tim cagar budaya, pembangunan tugu Belido ini menyalahi aturan karena dibangun di depan pelataran Benteng Kuto Besak (BKB). Oleh karena itu pembangunan pondasi atau tiang pancang tugu pun digeser dari titik awal.

“Ya memang ada pergeseran pembangunan pondasi tiang pancang sekitar 35 sampai 40 meter ke arah River Side. Sedangkan penggalian di titik awal sebelumnya harus dikembalikan seperti semula,” ujarnya.

Mengenai adanya penolakan sebelumnya dari tim cagar budaya Sumsel, mantan Staff Ahli Bidang Ekbang dan Investasi Kota Palembang mengaku semua sudah diselesaikan. Sudirman menjelaskan sebenarnya pembangunan Tugu Belido ini tidaklah menyalahi aturan dan merusak cagar budaya yang ada.

Dimana pembangunan Tugu sendiri berjarak lebih kurang 98 meter dari Benteng Kuto Besak (BKB) sehingga sedikitpun tidak menyentuh bangunan BKB itu sendiri. Selain itu juga pembangunan tesebut tidak menutupi kawasan benteng Kuto Besak (BKB).

“Sebelumnya kita sudah berunding dengan tim cagar budaya. Karena itu akhirnya kita geser 40 meter dari titik awal. Mudah-mudahan Juki nanti sudah selesai,” katanya. (korankito.com/ria)