Jembatan Musi IV Selesai Februari 2018

Wako Finda saat meninjau proyek Jembatan Musi IV.foto/ria

 

Palembang – Pembangunan Jembatan Musi IV dikebut. Saat ini progres pengerjaan mencapai 39 persen. Pekerja kini tengah menyelesaikan perbaikan enam tiang pancang di bagian tengah proyek yang sempat ditabrak oleh perahu, beberapa waktu lalu.

 

Pejabat Pembuat Komitmen Pembangunan Musi IV Suwarno menjelaskan, progress ini terbilang ideal untuk pembangunan yang dimulai sejak 2016. Ini lantaran pada pembangunan jembatan, landasan memakan waktu lebih lama.

 

“Percepatan pembangunan akan terjadi jika bagian bawah telah selesai. Sama seperti pembangunan fly over atau LRT. Untuk bagian atas pengerjaan akan lebih cepat,” jelasnya, Senin (20/2).

 

Untuk pembangunan, pihaknya tak memiliki kendala berarti. Hanya saja, saat ini sebuah rumah milik Kodam II Sriwijaya masih berdiri di sekitar lokasi proyek dengan luas sekitar 1.200m2. Untuk itu, pihaknya berharap akan mendapatkan dukungan dari pihak terkait.
Bukan tukar guling atau ganti rugi, melainkan hibah, sebab  proses pembangunan ini, pada dasarnya adalah untuk kemajuan Kota Palembang. Hal ini pula yang disampaikan Suwarno kepada Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda yang melakukan kunjungan, Senin siang.
“Rencananya Agustus 2018, sebelum Asian Games sudah dirampungkan semua ornament khas Palembang, lighting sudah bisa digunakan dan tampak indah,” katanya.

 

Tahun 2016 proyek ini telah menelan dana Rp210 miliar. Tahun ini, dianggarkan sebesar Rp159 milair dan masih bisa bertambah. Termin terakhir, lanjut Suwarno pendanaan dilakukan pada 2018 pada angka sekitar Rp100 miliar.

 

Wawako Fitrianti Agustinda juga sempat melakukan pengecekan di sejumlah bagian proyek pembangunan. Mulai dari bagian awal jembatan, hingga konstruksi landasan yang masih terus dibenahi oleh para pekerja.

 

Hadirnya jembatan Musi IV bagi warga Palembang diharapkan tak hanya mengurangi beban Jembatan Ampera. Namun lebih memaksimalkan dan menggerakkan ekonomi masyarakat dengan akses transportasi yang semakin mudah.

 

“Akan lebih terhubung dan tentu kita semua berharap pembangunan dapat selesai sesuai target. Di luar itu, kami berharap masyarakat dapat memberikan dukungan maksimal bagi pembangunan yang sedang terjadi di kota Palembang yang kita cintai ini,” katanya.(korankito.com/ria)