Gembong Copet Pasar 16 Ilir Palembang Diringkus

Gembong Copet Pasar 16 Ilir, Sangkut saat diamankan anggota Polsek IT 1, Palembang.foto/kardo

 

Palembang-Petualangan spesialis pencopet handphone alias hape, Hermanto atau Sangkut (41), warga Lorong Hijah, Kelurahan l Ulu, Kecamatan SU l, harus berakhir di tangan anggota Polsek IT l Palembang.

Sangkut mengaku sudah lima tahun menjalani profesi sebagai copet di wilayah Pasar 16 Ilir, Palembang. Di hadapan petugas, bapak tiga orang anak ini mengaku sudah tak terhitung berapa kali dirinya melakukan aksi tersebut.

“Sudah tak terhitung lagi, berapa kali saya mencopet di pasar, soalnya sudah lima tahun saya menjalani profesi ini,” ujar Sangkut saat diamankan di Polsek IT l Palembang, Senin (20/2).

Menurut Sangkut, saat beraksi tidak sendirian tetapi ditemani Yogi yang kini buron. Modus yang dilakukan dengan berpura-pura menabrak korban lalu mengambil hape milik korban.

Sedangkan rekannya Yogi bertugas sebagai penjual barang curian tersebut. Hasil penjualan mereka bagi dua.

“Caranya kami salah satu ada yang menabrak korban dan satu lagi mengambil ponsel korban. Uangnya kami bagi dua,” ujarnya.

Kapolsek IT l Palembang AKP Rivanda melalui Kanit Reskrim Ipda Alkap mengatakan, tersangka merupakan spesialis copet ponsel di wilayah Pasar 16 Ilir, dan sudah menjalankan aksinya selama lima tahun.

“Hari Sabtu kami berhasil menangkap pelaku yang sering beroperasi di wilayah Pasar 16. Tersangka sudah melakukan aksi copet sejak lima tahun lalu. Ia akan dijerat pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal lima tahun penjara,” pungkas Alkap.(korankito.com/kardo).