Bisa Dipercaya

Ekskul Jurnalistik Penting Bagi Siswa

Siswa yang mengikuti ekskul jurnalistik ketika praktek wawancara/.foto/ejak

Palembang – Ekstrakurikuler (ekskul) jurnalistik di sekolah merupakan sarana ekspresi siswa agar bisa melek media.  Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel) Widodo melalui Kepala Bidang SMA Disdik Sumsel Bonny Safrian menilai, keberadaan ekskul jurnalistik sangat penting, sebab dapat menghasilkan berbagai karya dan tulisan siswa dalam bentuk majalah dinding (mading) dan kegiatan positif lainnya.

 

“Melalui ekskul ini, para siswa dapat membagikan informasi serta menyaring pemberitaan yang tidak benar atau hoax. Namun sayangnya ekskul ini belum maksimal dan belum ada di seluruh sekolah di Sumsel,” ujarnya di ruang kerjanya, Senin (20/02).
Menurutnya, melek media bagi siswa dan guru sangat diperlukan, tujuannya agar siswa saat menerima informasi yang benar mengingat mudahnya akses informasi di era serba digital ini.

 

Berita Sejenis

Ratusan Pelajar Ikuti Trilomba PKS

“Selain itu, siswa juga dapat mengetahui bagaimana proses pembuatan berita, mulai dari meliput, mengetik hingga terbit. Jadi informasi yang selama ini mereka baca, dapat diketahui bagaimana prosesnya dan kebenarannya,” terangnya.
Selama ini, lanjutnya, proses pembelajaran ilmu jurnalistik belum dikelola secara merata dan maksimal. Ke depan, pihaknya berencana memberikan imbauan kepada sekolah untuk membuat ekskul jurnalistik.

 

“Kita akan memberikan imbauan kepada pihak sekolah bagi yang mampu untuk membuat ekskul jurnalistik. Sebab kemampuan dalam menulis sangat diperlukan siswa, apapun cita-cita yang dimiliki mereka,” tegasnya.
Kepala SMAN 3 Palembang Rusdiana menambahkan, sekolahnya sendiri sudah memiliki ekskul jurnalistik namun pelaksanaannya belum berjalan dengan maksimal.
“Ke depan, nanti kami akan berupaya untuk menjalin kerjasama dengan pihak media untuk pembinaan ekskul jurnalistik ini,” tambahnya.korankito.com/ejak