7 Cara Mengatasi Insomnia

Ilustrasi/pixabay.com

Manusia pada dasarnya menghabiskan waktu sepertiga dari masa hidupnya untuk tidur. Menurut para ahli, tidur terbaik untuk seseorang berkisar antara 6 s.d 8 jam sehari. Insomnia merupakan gangguan pada saat memasuki waktu tidur, dimana kita akan susah tidur meskipun memiliki kesempatan untuk itu.

Ada beberapa tips mengatasi susah tidur insomnia yang sudah akut. Cara mengatasi insomnia ini sangat aman dan juga mudah untuk dilakukan. Berikut beberapa cara untuk mengatasi insomnia yang sudah akut.


1. Tetapkan jam tidur malam

Untuk mengatasi insomnia yang sudah akut cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur atau menetapkan jam tidur di malam hari. Tidurlah setiap malam di jam yang sama.

2. Matikan lampu sebelum tidur

Setelah menentukan jam tidur malam cara mengatasi insomnia yang selanjutnya yaitu dengan mematikan lampu sebelum tidur.

Tidak hanya mematikan lampu saja tapi matikan benda yang memancarkan cahaya. Semakin sedikit cahaya akan semakin banyak produksi hormon melatonin. Hormon ini adalah hormon yang bisa membantu melelapkan tidur dan membuat istirahat semakin berkualitas.


3. Tingkatkan aktifitas di siang hari

Cara mengatasi insomnia yang sudah akut bisa juga dilakukan dengan meningkatkan aktifitas di siang hari. Aktifitas yang padat di siang hari membuat tubuh menjadi lelah dan Anda akan lebih mudah tidur di malam harinya. Aktifitas ini tentunya harus sesuai dengan kondisi tubuh.

4. Hindari minum kafein di siang hari

Penyebab insomnia salah satunya yaitu karena mengkonsumsi kafein yang terlalu banyak di siang hari. Kafein ini tidak hanya menimbulkan efek di siang harinya saja tapi juga 9 jam setelah minum kafein.

5. Dengarkan musik sebelum tidur

Insomnia yang sudah terlalu akut bisa juga diatasi dengan mendengarkan musik sebelum tidur agar fikiran menjadi rileks.

6. Atur pernafasan yang dalam

Cara mengatasi insomnia akut bisa dilakukan dengan mengatur pernafasan yang dalam sebelum tidur. Caranya duduklah di tempat tidur dengan menyilangkan kaki kemudian tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan. Lakukan beberapa kali sampai Anda merasa rileks dan siap untuk tidur.

7. Beraktifitas ringan sebelum tidur

Ketika insomnia sudah melanda Anda bisa mengatasinya dengan melakukan aktifitas ringan sebelum tidur. Aktifitas ringan ini bisa berjalan disekitar tempat tidur ataupun berjalan disekitar rumah.

Berbagai cara mengatasi insomnia diatas bisa Anda coba sendiri. Jika Anda sudah melakukan cara-cara diatas dan masih saja mengalami insomnia sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Insomnia yang sudah akut tidak boleh dibiarkan begitu saja karena bisa mengurangi daya tahan tubuh. Akibatnya Anda akan mudah sakit dan mengalami gangguan kesehatan yang serius. (korankito.com/berbagai sumber/***)