Manfaat dan Kegunaan Cabe Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi/pixabay.com

Harga Cabai atau Cabe saat ini sedang naik, tapi kalau dikonsumsi sesuai kebutuhan tentu tidak terlalu mengganggu keuangan rumahtangga anda.

Cabe merupakan salah satu bumbu masakan yang sangat akrab dengan kita. Mungkin setiap hari kita selalu mengkonsumsi Cabe baik secara langsung maupun tidak.

Namun tahukah Anda bahwa cabe memiliki banyak manfaat lain selain sebagai bumbu yang membuat makanan menjadi pedas?

Makanan yang pedas karena cabe asli memang dapat meningkatkan selera makan seseorang, bahkan banyak orang yang sangat menggandrungi makanan pedas. Namun ingatlah makanan yang terlalu pedas juga dapat mengakibatkan gangguan pada pencernaan seperti sakit perut dan mencret.

Meski demikian, dalam porsi yang wajar, Cabe memiliki beberapa manfaat yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut ini merupakan manfaat dan kegunaan cabe bagi kesehatan tubuh:

1. Cabe Mengandung banyak vitamin C
Dalam rasa pedasnya, cabe memang mengandung vitamin C yang banyak. Vitamin C tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dan kesehatan,

Misalnya saja untuk mencegah dan mengobati sariawan, bagi kesehatan gigi dan gusi, hingga menangkal radikal bebas sehingga mampu melindungi tubuh dari kanker karena sifat antioksidan yang dikandungnya.


2. Cabe Mengandung beta-karoten
Selain vitamin C, cabe juga mengandung zat yang disebut beta-karoten, zat ini merupakan cikal bakal vitamin A dalam tubuh manusia. Beta karoten dan vitamin A memiliki peranan penting terhadap kesehatan mata manusia. Tapi hati-hati ya.. jangan sampai Anda mengoleskan cabe pada mata, karena itu akan sangat menyakitkan.

3. Cabe mengandung Capsaicin
Apa itu Capsaicin? Capsaicin merupakan zat yang bermanfaat untuk mengencerkan lendir dalam tubuh manusia. Misalnya saja lendir yang ada pada saluran pernafasan kita. Terkadang saat kita mengalami penyakit flu, ada banyak lendir yang mengganggu pernafasan kita.
Nah dengan mengkonsumsi cabe, lendir tersebut akan semakin encer dan lebih mudah untuk dikeluarkan dari dalam tubuh. Selain itu, Capsaicin bersifat antikoagulan yang dapat melakukan pencegahan terhadap terbentuknya kerak lemak pada pembuluh darah. Hal ini dapat berguna untuk mencegah penyakit jantung koroner, impotensi dan stroke.

4. Cabe dapat mengatasi sembelit
Selain dapat mengakibatkan sakit perut/mencret/diare, sebaliknya Cabe juga bisa dijadikan obat bagi penderita sembelit. Cabe diyakini mampu mengatasi masalah susah buang air besar karena cabe dapat mengencerkan dan memperlancar feses dalam pencernaan. Namun jangan sampai terlalu banyak karena dapat mengakibatkan sakit perut dan diare.

5. Cabe mampu menjadikan tubuh berkeringat
Keringat merupakan salah satu cara mengeluarkan kotoran dalam tubuh. Selain dengan cara bekerja dan berolahraga, memakan cabe ternyata juga mampu membuat keringat keluar dari tubuh.

Nah.Itulah beberapa manfaat dan kegunaan cabe bagi kesehatan tubuh. Mungkin Banyak manfaat-manfaat lainnya. Selamat mencoba! (korankito.com/berbagaisumber/***)