Tips Untuk Orang Temperamental

korankito.com- Temperamental adalah suatu sifat yang sangat sulit untuk dihilangkan. Tapi, bukan berarti kita biarkan saja. Temperamental atau amarah dapat “dikurangi”, artinya kita dapat menghindari agar amarah kita tidak meluap-luap karena luapan amarah ini akan membuat kita stress hingga hilang kendali.

Nah, berikut ada beberapa tips dalam menghindari sifat temperamental kita.

1. Saat mulai marah, segeralah berpikir dampak yang diakibatkan. Saat sudah emosi, pikiran kita hanya akan terfokus pada hal yang membuat kita marah dan hanya ingin melampiaskannya kesitu. Tapi, cobalah untuk melawan pikiran kita tersebut, melawannya dengan cara pikirkan dampak dapat terjadi jika amarah kita sudah meluap-luap. Tentu pikiran tersebut akan membantu kita untuk sadar dan terhindar dari temperamental.

2. Istighfar. Segeralah Istighfar, mengucap Do’a kepada Tuhan Yang Maha Esa, dengan Istighfar tentu hati kita akan merasa tentram.

3. Pejamkan mata lalu bernapas dalam-dalam. Hal ini akan menurunkan amarah kita dan membuat pikiran kita lebih terbuka dan menjadi tenang kembali.

Ingat, terbiasa meluapkan amarah akan berdampak pada kesehatan diri sendiri. Seperti apa dampaknya?

1. Menimbulkan penyakit. Pasti, marah berlebih-lebihan akan dapat membuat kesehatan kita rusak. Seperti sakit kepala, darah tinggi yang memunculkan stroke, serangan jantung , dan lain-lain.

2. Kejiwaan. Kita akan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang negatif yang muncul dari luar.

3. Masalah sosial. Orang-orang akan cenderung menghindari kita, karena sifat kita yang mudah marah. Jarangnya berkomunikasi dengan masyarakat tentu akan menyebabkan sosial kita menjadi buruk, dan masyarakat kebanyakan akan berpikir negatif tentang kita.

Nah, demikian sedikit tips dalam mengatasi sifat temperametal. Semoga uraian diatas bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba..!!!

(korankito.com/berbagaisumber/***)