Dua Kali Absen, Hakim Kasus Ahok Meninggal Dunia


Di saat Pilkada DKI Jakarta digelar, ada kabar duka datang dari dunia peradilan. Ada seorang hakim yang meninggal dunia, dan beliau adalah hakim di sidang kasus Ahok.

Dia adalah Josep V Rahantoknam. Tentang hal ini, Juru bicara Pengadilan Negeri Jakarta Utara Hasoloan Sianturi membenarkan informasi tersebut.

Menurutnya, almarhum Joseph tutup usia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Rabu (15/2) malam.

“Benar, Bapak Josep V Rahantoknam meninggal dunia,” kata dia saat dikonfirmasi wartawan.

Hosoloan mengatakan, Joseph sempat hadir di persidangan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok atas perkara dugaan penistaan agama. Meski pada sidang berikutnya, Joseph digantikan hakim Didi Uliyadi karena sakit dan harus diopname.

“Sudah dua kali persidangan Ahok, tidak hadir. Beliau digantikan oleh Hakim Didi Uliyadi. Dalam sidang perdana, almarhum masih hadir,” jelasnya.

Sebelumnya, pakar psikologi Universitas Indonesia Profesor Sarlito Wirawan juga meninggal dunia, Senin (14/11) di RS Cikini, Jakarta Pusat. Guru besar itu adalah saksi ahli dalam perkara Ahok.

Kepala Badan Reserse Kriminal Kepolisian Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto mengatakan, sebelumnya memang benar pihaknya mengundang Sarlito untuk hadir.

Sekadar info, pasangan calon gubernur DKI Ahok dan Jarot, unggul di Pilkada 2017 sesuai perhitungan cepat. Sambil menunggu perhitungan lengkap dari KPUD, besar kemungkinan, pasangan Ahok-Jarot akan melakoni putaran kedua bersaing dengan pasangan Anies-Sandi. O wib / berbagai sumber