Pemkab Lahat Sambut Tim BPK RI

Bupati H Aswari Riva’i didampingi Sekda Lahat H Nasrun Aswari menerima Tim Pemeriksa BPK Ri, Selasa (14/02). Foto/hms

LAHAT –  Bupati Lahat, H Aswari Riva’i didampingi Sekda, H Nasrun Aswari, Selasa (14/02) menerima kunjungan tim audit pemeriksa dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI), yang akan memulai tugas serta kewajiban rutinnya terhadap penggunaan Uang Negara, untuk TA 2016. Adapun perwakilan tim sendiri berjumlah 4 orang, dipimpin oleh Atik Priatna.

Dalam sambutan singkatnya, Aswari mengatakan, selamat datang kepada tim pemeriksa BPK yang ada di Lahat. Dan menyampaikan bahwa jajaran SKPD Kabupaten Lahat selalu diingatkan untuk mempergunakan anggaran sebaik baiknya diikuti dengan pembuatan laporan yang akuntabel.
“Kami akan selalu bekerjasama semaksimal dan sebaik mungkin, demi satu capaian, yaitu laporan yang sehat, tepat waktu dan akuntability. Selamat datang kami ucapkan kepada segenap anggota tim BPK,” ujar Aswari.

Dilanjutkannya, selama ini memang Lahat patut berbangga diri, karena untuk tiap tahunnya, selama 2 tahun belakangan selalu meraih predikat laporan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Untuk itu, prestasi ini sendiri semaksimal mungkin tetap dipertahankan, sesuai dengan aturan main yang ada.

“Jangan ada yang ditutup tutupi, yakinlah, jika semuanya sudah sesuai peruntukannya, takkan menuai hasil yang buruk pula,” tegas Aswari lagi.

Nasrun menambahkan, seperti dikemukakan bupati juga sudah menekankan kepada seluruh SKPD pengguna uang negara, untuk bisa benar benar memanfaatkan dana negara, dan jelas di tahapan pelaporannya juga mesti benar benar diperhatikan, sehingga tak menjadi temuan negatif jajaran BPK. Serta satu tujuan akhirnya, demi kembali diraihnya status WTP seperti sebelumnya.

“WTP itu sendiri sebuah prestasi yang membanggakan, dan tak salah kiranya untuk bisa terus diburu. Yang pasti, penyerapan penggunaan dana negara sendiri mesti tepat dan efisien dilapangannya, begitu juga dengan pertanggungjawabannya,” ujarnya.

Terpisah, Atik Priatna mengatakan dihadapan bupati, pihaknya sendiri akan berada di Lahat untuk beberapa waktu kedepan, dalam kaitan proses pekerjaannya itu sendiri. Jadi, dirinya sangat berharap akan semua dukungan yang ada dilapangannya, hingga semuanya berjalan baik dan lancar.

“Kami mohon kerjasama dan dukungan semua pihak, sehingga pekerjaan kami lancar dan bisa secepatnya selesai,” tutup Ati. (korankito.com/hms/***)