SMAN 17 Palembang Sudah Terapkan Full Day School

Peserta didik SMAN 17 Palembang tengah pindah kelas saat pergantian jam pelajaran. Foto/Eja

Palembang – Meski baru akan diluncurkan secara serentak oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan (Sumsel), Sekolah menengah Atas Negeri (SMAN) 17 Palembang sudah mulai jalankan Full Day School (FDS) sejak pekan lalu.

Hal ini dilakukan Kepala SMAN 17 Palembang Parmin karena sebelumnya sudah mendapatkan izin dari Disdik Sumsel untuk menjalankannya kalau pihak sekolah sudah merasa siap dan mampu.

Parmin menilai, proses kegiatan belajar mengajar (KBM) yang diterapkan pihaknya selama ini tidak jauh berbeda dengan program FDS sendiri. Maka dari itu, pihaknya sudah menjalankannya setelah administrasi, pembagian jam kerja guru serta penyusunan mata pelajaran selesai.

Untuk hari Sabtu juga masih diisi dengan kegiatan sesuai minat dan bakat siswa seperti klub olimpiade sains, maupun klub non-akademik lainnya yang sudah ada di SMAN 17 Palembang.

“Sudah kita jalankan sejak pekan kemarin, dimana siswa sudah libur pada hari sabtu. Pasalnya KBM yang kami jalankan dan FDS sendiri tidak jauh berbeda,” terang Parmin kepada awak media di ruang guru SMAN 17 Palembang, Senin (13/2).

Selain itu, Parmin menambahkan, ada tantangan tersendiri dalam menjalankan FDS. Pasalnya, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam penyampaian materi kepada peserta didik agar tidak monoton dan membosankan.

“Tantangannya yaitu bagaimana guru menyusun program KBM agar tetap menyenangkan. Oleh karena itu guru sudah memiliki caranya masing masing. Ada yang menggunakan IT dan ada yang mengajak siswa belajar di luar kelas dengan tujuan untuk menghindari rasa bosan,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta didik SMAN 17 Palembang Zahra Savira mengaku, kalau proses pembelajarannya tidak jauh berbeda dari sebelumnya. Dimana ia dan rekannya akan pindah kelas setiap pergantian jam pelajaran untuk belajar sesuai dengan guru.

“Tidak jauh berbeda, hanya saja kegiatan ekstrakurikuler juga dipusatkan dari hari Senin sampai Jum’at. Jadi Sabtu libur kalau tidak ada kegiatan klub sekolah. Dan kami sangat senang dengan adanya libur setiap Sabtu ini,” aku siswi kelas XII IPA 3 ini. (korankito.com/eja)