Ratusan Senjata dan Narkoba Dimusnahkan

Pemusnahan barang bukti senja api dan narkoba

 

 
LUBUKLINGGAU-132 Buah senjata tajam, 43 buah senjata api (senpi), 143, 437 gram ganja, 444,381 gram sabu dan 372 butir ekstasi, Selasa ( 14/2), dimusnahkan.  Pemusnahan barang bukti kejahatan hasil operasi sejak November sampai Januari 2017 tersebut dimusnahkan dengan cara di potong dan dibakar.

“Dibandingkan tahun sebelumnya ada peningkatan jumlah barang bukti yang dimusnahkan.  Untuk senpi ada peningktan 10 persen sementara narkoba ada peningkatan 20 sampai 30 persen,” ungkap Kajari Lubuklinggau Jaya Putra didampingi Kasi Pidum Dian Herdiman.

Dari sejumlah barang bukti yang dimusnahkan tersebut sebagian besar dari wilayah hukum Polres Mura yang membawahi Kabupaten Mura dan Kabupaten Muratara.

“Saya berharap ke depan jumlah barang bukti yang dimusnahkan menurun, dengan demikian baru bisa dikatakan kalau wilayah Mura, Lubuklinggau dan Muratara kondusif,” tambahnya.

Sementara Bupati Mura Hendra Gunawan mengajak jajarannya untuk terus mengimbau warga yang ada di Kabupaten Mura untuk menyerahkan senpi kepada aparat secara sukarela dan terbuka.

“Dahulunya nenek moyang kita hanya menggunakan senpi untuk melindungi diri dari serangan binatang buas, karena mayoritas mereka tinggal di hutan untuk berkebun.  Sementara keberadaan senpi saat ini justru banyak disalahgunakan.  Untuk itu saya mengimbau agar tokoh masyarakat bisa ikut berperan aktif mensosialisasikan hal ini.  Bila semua berperan aktif tentu trend kejahatan akan menuun sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” tegasnya

Pemusnahan barang bukti juga dihadiri Kapolres Lubuklinggau AKBP Hajat Mambrur Bujangga, Kapolres Mura AKBP Hari Brata, Dandim 0406 MLM, Letkol Inf M Thohir,  Bupati Muratara, Syarif Hidayat, Staf Ahli Pemkot Lubuklinggau, Burhanudin, perwakilan pihak BNN, Lapas dan Pengadilan Negeri.korankito.com/(dhia)