Grammy Awards Digelar, Al Jarreau Meninggal

Penggemar musik jazz kehilangan ‘superhero’-nya. Al Jarreau, jazzer asal Amerika Serikat, meninggal dunia di usia 76 tahun, Minggu (12/2).

Kabar duka ini, disebarkan situs resmi sang penyanyi, Senin (13/2).

Diketahui Al Jarreau masuk rumah sakit di Los Angeles karena kelelahan. Hal ini juga yang membuatnya terpaksa membatalkan sejumlah jadwal turnya.

Minggu lalu, perwakilan Al Jarreau mengumumkan bahwa musisi ini memutuskan untuk pensiun dari dunia tarik suara. “Dengan berat hati kami mengumumkan bahwa Al Jarreau harus pensiun daru menggelar tur. Ia bersyukur selama 50 tahun telah bepergian ke berbagai tempat di dunia sebagai duta musik―dan untuk semua orang yang berbagi perjalanan ini bersamanya―para penonton, musisi, dan semua yang telah mendukungnya.”

Sekadar info, Al Jarreau lahir pada 12 Maret 1940. Kritikus jazz memuji jangkauan musikalitasnya yang dinilai begitu luas. The Chicago Tribune misalnya, memuji suara Jarreau yang dinilai begitu luwes.

Al Jarreau memulai karir musiknya dari klub jazz kecil, dan pelan-pelan ia mulai merambah ke sejumlah klub besar di Los Angeles dan New York. Tahun 1975 ia mulai masuk dapur rekaman dengan single ‘We Got By’, dan dua tahun kemudian ia mendapatkan piala Grammy pertamanya lewat album Look to the Rainbow.

Selama lima dekade kariernya, Al Jarreau meraih tujuh piala Grammy, dan ia berpulang tepat di hari pelaksanaan Grammy Awards 2017 digelar. O wib / berbagai sumber