6 Sebab Perut Buncit Pada Pria

Ilustrasi/dietfitforlif.top

Korankito.com – Mungkin anda sering mendengar gurauan mengenai pria yang telah menikah sebagian besar perutnya akan membuncit. Apakah benar begitu? Apakah benar penyebabnya adalah pernikahannya? Tentu saja bukan… Penyebab perut buncit pada pria salah satunya adalah faktor genetik yang dimiliki oleh pria yang bersangkutan. Selain itu, pria cenderung menyimpan cadangan lemaknya di area perut, sementara wanita menyimpannya di paha dan bokong.

Apa Penyebab Perut Buncit Pada Pria?

Berikut ini beberapa penyebab perut buncit yang dialami oleh sebagian besar pria:

1. Faktor genetik
Pria lebih cenderung menyimpan lemak pada bagian perut dibanding wanita. Hal tersebut terkait dengan warisan genetik dari keluarganya, artinya jika seorang pria mempunyai kerabat yang memiliki perut buncit maka pria tersebut memiliki kecenderungan yang besar untuk berperut buncit juga. Hal itu juga mengindikasikan bahwa pria tersebut rentan terhadap gangguan kardiovaskular. Oleh karena itu, pria tersebut disarankan untuk menjaga pola hidup sehatnya.

2. Pengaruh Usia
Semakin bertambah usia seorang pria, maka tubuhnya akan semakin kehilangan massa ototnya. Dampak dari hal tersebut adalah kecepatan pembakaran kalori akan semakin menurun. Tubuh pria sentimeter ini seorang pria tidak membatasi jumlah makanan yang dikonsumsinya, maka tubuhnya akan cenderung mengubah kelebihan kalori menjadi lemak, dimana selanjutnya akan tersimpan di area perut.

3. Ngemil di malam hari
Ngemil adalah salah satu hal yang paling asyik dilakukan pada malam hari dengan ditemani oleh film atau sinetron kesukaan kita. Namun ngemil sambil nonton TV merupakan kebiasaan buruk yang harus dihindari. Ini karena saat ngemil sambil nonton TV tentu saja membuat kita tidak sadar berapa banyak makanan yang telah kita makan. Tak hanya itu saja, pada malam hari tubuh memiliki aktifitas yang sedikit sehingga proses pencernaan pun tidak berjalan dengan sempurna. Tentu saja makanan yang Anda konsumsi akan menumpuk pada perut dan menyebabkan perut semakin membuncit.

4. Makanan berlemak.

Penyebab perut buncit selanjutnya adalah terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak. Makanan berlemak seperti gorengan memang sangat disukai oleh semua orang. Namun makanan berlemak merupakan makanan yang sangat sulit dicerna oleh pencernaan manusia. Sehingga terlalu sering mengonsumsi makanan ini dapat menyebabkan timbunan lemak pada perut sehingga dapat menyebabkan perut buncit

5. alkohol
Jika Anda merupakan salah satu orang yang gemar mengonsumsi alkohol, mulailah untuk menghindari minuman yang satu ini, selain memabukkan dan mengganggu kesehatan minuman beralkohol juga minuman yang diharamkan dalam Islam. Tak hanya itu saja, kandungan kalori serta gula dalam alkohol juga dapat membuat perut semakin buncit serta dapat menyebabkan berat badan semakin bertambah. Tentu saja ini akan membuat tubuh semakin rentan terhadap penyakit, seperti gangguan pencernaan, diabetes, liver dan lainnya.

6. jarang berolahraga
Seperti yang kita ketahui olahraga adalah salah satu hal yang paling penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja olahraga juga dapat menurunkan berat badan. Oleh karena itu mulailah untuk berolahraga agar lemak yang berlebih pada perut dapat terbakar secara sempurna, sehingga perut bisa menjadi lebih rata dan menarik. Ada beberapa olahraga untuk mengecilkan perut seperti melakukan sit up, jogging ataupun olahraga lainnya.

Akibat Perut Buncit
Perut buncit pada pria tidak bisa dianggap enteng loh, karena hal tersebut terkait dengan gangguan kardiovaskular yang rentan timbul akibat meningkatnya kadar lemak tubuh. Apabila lingkar pinggang seorang pria lebih dari 40 inci atau 102, maka pria harus. Tumpukan lemak darah, sehingga perut yang buncit akibat menumpuknya lemak akan meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, stroke dan serangan jantung.

Nah..Jika sekarang sudah mengetahui penyebab serta akibat dari perut buncit yang Kamu alami, maka sudah saatnya menyusun strategi untuk mengatasinya. Salah satu cara mengatasi perut buncit yang paling sederhana adalah jalan kaki, perbanyaklah jalan kaki untuk membantu pembakaran kalori, termasuk pembakaran lemak di area perut buncit.

Bukan saja perut buncit terkait dengan penampilan, tetapi yang lebih penting lagi adalah perut buncit merupakan indikator dari rentannya seorang pria terhadap berbagai gangguan kardiovaskular, seperti darah tinggi, stroke dan lain-lain. korankito.com/dari berbagai sumber/***