7 Cara Merawat Motor Di musim Hujan

Ilustrasi

KORANKITO.COM- Saat ini cuaca benar benar tidak bisa diprediksi. Dan hujan pun bisa terjadi setiap saat, para pengendara motor perlu ekstra hati hati di perjalanan. Tidak hanya itu motor yang jadi tunggangannya juga perlu diberi perhatian ekstra karena air hujan bersifat korosif dan lama-lama dapat merusak motor.

Berikut ini beberapa bagian motor yang perlu segera dibersihkan setelah terkena hujan.

1.Rantai Motor.

Air hujan yang bersifat asam bisa memicu terjadinya karat pada rantai motor. Apalagi jika Anda tidak menggunakan penutup rantai.


2.Rem cakram

Saat mengendarai motor dalam keadaan hujan kotoran bisa menempel di rem sehingga perlu segera dibersihkan agar tidak mengganggu fungsi rem motor.


3.Knalpot

Kotoran yang menempel di knalpot, apalagi yang bercampur dengan air hujan bisa sebabkan besi knalpot keropos dan berkarat.

4. Pelek perlu segera dibersihkan setelah terkena hujan dan lumpur agar tidak keropos dan berkarat. Terutama pelek jari-jari. Gunakan lap untuk membersihkannya.

5.Ban 

Saat hujan, ban motor bisa melewati genangan air yang bercampur dengan minyak, oli, air sabun, dan cairan-cairan lain yang bisa merusak ban. Oleh karena itu, ban harus segera dibersihkan.Selain itu, Anda harus segera membersihkan lumpur yang menempel di celah kembang ban sebelum mengering. Lumpur yang mengering di celah kembang ban akan menyebabkan ban retak.u

6.Cuci motor Anda secara menyeluruh atau setidaknya jika anda benar belum sempat, siramlah dengan air secara merata keseluruh bagian motor.

7.Busi

Untuk menghindari motor anda mogok ditengah perjalanan, ada baiknya bersihkan busi dengan membuka kop atau karet penutup busi untuk kemudian ditiup atau dibersihkan dengan lap kering.

korankito.com/dariberbagaisumber/***