Bisa Dipercaya

300 Karateka Gojukai Ikuti Ujian Kenaikan Tingkat

KENAIKAN TINGKAT: Ratusan karateka Kota Palembang ikuti kenaikan tingkat sabuk, Ahad (12/2). Foto/Resha
Palembang-Sekitar 300 karateka Gojukai cabang Palembang mengikuti Ujian Kenaikan Tingkat atau sabuk di aula Sekolah Olahraga Khusus Catur Sumsel, Minggu (12/1). Para karateka cilik ini berasal dari sembilan ranting yang ada di kota Palembang.
Menurut salah satu Dewan Guru Hoesni Yoesof, peserta kali ini didominasi oleh murid SD, SMP dan sedikit siswa SMA. Para karateka ini diharapkan dapat menelan ilmu yang diajarkan, disamping menerima amanah baru.
“Sekarang yang ditekankan adalah bagaimana teknik dasarnya lebih matang dahulu. Dan juga, budi pekerti dan etika juga penting,” ujarnya di sela-sela ujian.
Sambungnya, karena didominasi oleh usia cilik, butuh perhatian ekstra untuk mendidik mereka. Apalagi, karate saat ini tidak hanya menekankan pada beladiri, tapi juga aspek kesehatan, olahraga dan prestasi.
“Kita lihat Karate saat ini memang begitu. Dan juga, etika serta budi pekerti harus ditekankan agar mereka tidak jumawa,” tegasnya.
Meskipun masih muda, para karateka cilik ini sudah banyak yang berlaga di berbagai tingkat. Mulai dari Olimpiade Olahraga dan Sains Nasional (O2SN) hingga Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda).  “Jadi kami kedepan tidak lagi pusing untuk urusan regenerasi. Meskipun masih muda, beberapa dari mereka sudah pernah bertanding. Stok atlet kita sudah melimpah, tinggal dijaga,” pugkasnya.(korankito.com/Resha)