Tiga Pencuri Mobil Diberondong Tembakan

MUSIRAWAS – Tiga dari empat pencuri mobil diringkus anggota unit Reksrim Polsek Terawas. Ketiga tersangka adalah Zakaria alias Kriyot (52), petani warga Dusun Dusun II, Desa Prabumenang, Kecamatan Selangit, Kabupaten Mura, Sobri (20), petani warga Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong (Bengkulu), dan Zulkarnain (37), petani Desa Muara Nilau, Kecamatan Selangit, Kabupaten Mura. Seorang lainnya kini masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO.

Penangkapan terhadap ketiga pelaku dilakukan Kamis (9/2) sekitar pukul 04.00, atau dua jam usai kawanan pelaku ini mencuri mobil jenis Suzuki Futura hitam nomor polisi BD 9644 NA milik korban Amareni (40), di Desa Taba Gindo, Kecamatan Selangit, Kabupaten Mura.

Ketiganya ditangkap di wilayah Kecamatan Kota Padang, Kabupaten Rejang Lebong (Bengkulu). Polisi terpaksa melumpuhkan komplotan ini dengan timah pansa lantaran melawan saat akan diringkus.

Tersangka Kriyot mengalami tiga luka tembak, di kedua kakinya, Sobri menderita empat luka tembak, di kaki, dan  Zulkarnain mengalami dua luka tembak di kaki kiri.

“Saat kejadian kondisi rumah korban sedang kosong, tidak ada orang dan korban saat kejadian sedang berada di rumah orang tuanya di Tebing Tinggi Empatlawang,” kata Kapolres Mura AKBP Hari Brata melalui Kapolsek Terawas AKP Haerudin.

Kawanan pelaku mengambil mobil milik korban yang diparkirkan di garasi samping rumah. Namun, aksi keempat pelaku diketahui tetangga sebelah rumah korban. “Korban mengetahui kejadian itu setelah mendapat telepon dari tetangga,” bebernya.

Kemudian anggota Polsek Terawas juga menerima telepon dari tetangga korban yang memberitahukan kejadian tersebut. Lantas anggota Polsek Terawas langsung menelepon Kapolsek Terawas yang kebetulan saat itu sedang melaksanakan patroli bersama anggota Reskrim di Jalinsum wilayah Kelurahan Selangit.

“Setelah menerima telepon, Kapolsek dan anggota Reskrim yang sedang patroli berpapasan dengan pelaku yang membawa mobil hasil curian,” ujarnya.

Melihat para pelaku mengendarai mobil curian, Kapolsek Terawas dan anggota Reskrim langsung melakukan pengejaran dan sempat memberikan tembakan peringatan. Namun, tembakan peringatan tersebut tidak dihiraukan oleh para pelaku. Polisi terus melakukan pengejaran sampai ke daerah Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong (Bengkulu).

“Lantas Kapolsek menghubungi Polsek Padang Ulak Tanding. Lalu anggota Polsek Padang Ulak Tanding sempat menghadang di depan polsek dan melakukan tembakan peringatan,” ungkapnya.

Lagi-lagi, tembakan peringatan Polisi tidak diindahkan kawanan pelaku. Mobil curian yang dinaiki kawanan pelaku terus melaju kencang ke arah kota Padang. Dan, Kapolsek Terawas dan anggota Reskrim terus melakukan pengejaran dibantu anggota Polsek Padang Ulak Tanding.

“Sekitar pukul 04.00 WIB di daerah kota Padang mobil yang dikendarai oleh para pelaku oleng dan menabrak pembatas jembatan, sehingga mobil terhenti dan para pelaku turun melarikan diri,” katanya.

Melihat pelaku melarikan diri, anggota reskrim langsung melakukan pengejaran dan terjadi kejar-kejaran dengan para pelaku. Namun saat akan diamankan, pelaku melakukan perlawanan sehingga para pelaku terpaksa dilumpuhkan. Kemudian pelaku langsung dibawa ke RS Dr Sobirin guna mendapat pengobatan dan selanjutnya dibawa ke Polsek Terawas guna pemeriksaan lebih lanjut. “Keterangan ketiga pelaku, satu orang pelaku lagi berhasil melarikan diri,” ujarnya.

Polisi mengamankan barang bukti satu unit mobil Suzuki Futura pick up tahun 2012 warna hitam nopol BD 9644 NA. Lalu mengamankan satu buah aki merk Incoe milik pelaku. (korankito.com/dhia)