Bisa Dipercaya

Apel Tiga Pilar Cegah Radikalisme

Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat apel tiga pilar cegah radikalisme.foto/deny

 

 

Palembang-Untuk mencegah terjadinya radikalisme, Polresta Palembang menggelar apel tiga pilar yang melibatkan Polri, Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan Pemerintahan Kota Palembang.

Apel yang digelar di pelataran Benteng Kuto Besak (BKB), Palembang, Kamis (9/2) pagi, dihadiri oleh Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto,

Berita Sejenis

Dua Minggu, 71 Bandit 3C Diciduk Polisi

Tim Satgas Temukan Makanan Berformalin

Ungkap 3C, Lima Personel Polres Lubuklinggau Dapat…

1 daripada 3.092

Walikota Palembang Harnojoyo, Kapolresta Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, Wakapolresta AKBP Iskandar F Sutikna, pejabat-pejabat TNI, dan Babinsa, Babinkamtibmas, serta lurah se-Kota Palembang.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto menjelaskan, berkaca dari pengungkapan kasus-kasus teroris di Indonesia, pelakunya sudah terlebih dulu menetap, baru masyarakat mengetahui ada teroris di lingkungannya.

“Jadi kalau mereka bertiga solid, ketika ada laporan dari warga langsung dicek ke lapangan dan dapat segera diambil tindakan dari pihak kepolisian. Sehingga, langkah preventif lebih baik dari represif,” jelasnya.

Selain itu, apel tiga pilar juga mengantisipasi terjadinya aksi tawuran antarwarga yang bisa terjadi dimana dan kapan pun.  “Ada potensi pertengkaran dua kelompok warga, kalau ketiga pilar ini sudah mengetahui duluan, cepat mengambil tindakan, solusi dan lainnya. Sehingga, pertengkaran itu dapat dicegah atau dihentikan,” kata Kapolda.

Kapolda berharap, dengan adanya tiga pilar ini permasalahan sekecil apapun di kalangan masyarakat dapat diselesaikan sehingga tidak meluas dengan cepat.

“Dari struktur, memang sudah ada, tetapi kita perlu tingkatkan sinergi antarmereka agar, tugas di wilayah masing-masing terselesaikan. Mereka juga harus peka situasi yang berkembang di wilayah masing-masing,” katanya.

Walikota Palembang Harnonyo juga berharap dengan adanya pertemuan silaturahim anggota dalam satu wadah tiga pilar ini, keamanan dan kenyamanan warga Palembang dapat terdeteksi dengan cepat.

“Seperti kita ketahui, dari segi keamanan dan ketertiban di Palembang sudah cukup kondusif, hal ini perlu kita pertahankan. Apalagi Palembang akan menjadi salah satu tuan rumah pagelaran Asian Games,” ujar Harno.deny

—–