Wow… Satu-satunya di Sumsel, Muratara Miliki Kandungan Uranium

 

Bupati Muaratara HM Syarif Hidayat. Foto/wahyu

Muratara – Kabupaten Musirawas Utara (Muratara) memang salah satu daerah otonomi baru atau DOB di Sumatera Selatan. Namun dalam urusan potensi sumber daya alam (SDA), Muratara tak kalah dengan kabupaten/kota yang telah lebih dulu berdiri.

Potensi SDA Muratara bisa dibilang komplit. Potensi yang dimiliki kabupaten/kota lain ada juga di Muratara. Bahkan ada potensi SDA Muratara yang tidak dimiliki oleh daerah lain. Salah satunya adalah uranium yang merupakan bahan baku nuklir. Uranium sendiri saat ini menjadi buruan negara-negara maju untuk kepentingan negara mereka.

Keberadaan uranium di Muratara diungkapkan Bupati Muratara Syarif Hidayat saat ditemui Koran Kito, di ruang kerjanya, Selasa (7/2). “Potensi alam di Muratara cukup besar, mulai dari minyak, gas, batubara, perkebunan. Bahkan uranium juga ada di sini (Muratara-red). Mungkin satu-satunya di Sumsel, daerah yang memiliki kandungan alam uranium,” kata Bupati Syarif.

Lebih lanjut Bupati Syarif Hidayat menuturkan, bisa jadi kandungan uranium di Muratara juga sudah diketahui oleh negara-negara lain. Hanya saja memang masih membutuhkan lagi penelitian dan kajian lebih dalam.

“Di Muratara positif ada kandungan uranium. Namun untuk urusan penambangannya itu menjadi kewenangan pemerintah provinsi dan pusat. Muratara sebagai pemilik lokasi tentunya bakal mendapat dana bagi hasil dari sebuah penambangan,” ujar Bupati.

“Pernah juga ada dari Swedia yang datang, kalau tidak salah namanya Steven, cuma dia tidak saya bawa ke lokasi yang ada kandungan uraniumnya,” imbuhnya.

Diakui Bupati Syarif, pihaknya saat ini lebih konsen untuk membangun insfrastruktur dan menciptakan kondisi Muratara agar lebih aman lagi sehingga para investor merasakan nyamannya berinvestasi di Muratara.korankito.com/dhia