Bisa Dipercaya

520 Rumah Tangga Jadi Sampel Susenas Linggau

39 orang petugas peserta pelatihan di Hotel 929 Lubuklinggau. Foto/dhia

LUBUKLINGGAU- Sedikitnya 520 rumah tangga yang tersebar di delapan Kecamatan Kota Lubuklinggau masuk dalam daftar Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2017. Saat ini ada 39 petugas pencacah tengah dilatih.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Lubuklinggau Aldianda Maisal menjelaskan, ‎Susenas 2017 merupakan salah satu sumber data sosial ekonomi rumah tangga yang penting di Indonesia. Susenas dikumpulkan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) untuk memberikan potret kemajuan pembangunan.

Berita Sejenis
1 daripada 21

“Pelaksanaan Susenas Maret 2017 di Kota Lubuklinggau mencakup 520 rumah tangga yang tersebar di seluruh kecamatan yang ada di kota Lubuklinggau,”kata Aldianda.

Pencacahan tersebut akan dilakukan oleh 39 orang petugas yang sekarang tengah dilatih di Hotel 929 Lubuklinggau. Petugas susenas dibagi menjadi pencacah dan pengawas.

” Pelatihan ini kita bagi ‎dua gelombang pelatihan pertama dari 6-8 Februari, kemudian kedua pada 9-10 Februari,pelatihan pencacah selama 2 hari sedangkan pengawas 3 hari “ujarnya.

Dijelaskannya, pengawas merupakan  organik BPS Kota Lubuklinggau sedangkan pencacah adalah mitra statistik yang telah melalui proses rekrutmen.‎ Pelatihan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi petugas terhadap pemahaman konsep dan definisi operasional dari variabel-variabel yang ditanyakan dalam survei.

Petugas Pencacah dijadwalkan terjun ke lapangan mulai dari tahapan pemutakhiran sebagai dasar pengambilan sampel pada tanggal 20-24 Februari 2017. Dan akan melakukan pencacahan pada tanggal 1-20 Maret 2017 ke 520 rumah tangga sampel terpilih di Kota Lubuklinggau.

Dini Melissa, salah satu petugas pencacah mengaku siap melaksanakan tugas susenas setelah mendapat pelatihan dari BPS Kota Lubuklinggau.

” Awalnya pasti bingung, belum tahu apa tugasnya apa, tapi setelah dilatih kita jadi paham tugas dan tanggungjawab kita,”pungkasnya. Korankito.com/Dhia)