Lantai Kelas Lapuk, SDN 80 Palembang Butuh Bantuan

suasana kelas V A SDN 80 Palembang. Foto/ejak

Palembang – Kegiatan belajar mengajar (KBM) di kelas V Sekolah Dasar Negeri (SDN) 80 Palembang tidak optimal lantaran lantai kelasnya yang masih berupa papan kayu terancam ambruk.

Sekolah SD yang terletak di Jalan Aiptu Awahab, 15 Ulu, Kecamatan Sebrang Ulu (SU) 1 sangat memerlukan bantuan. Sebab, ruang belajar kelas V sekolah ini memang sudah tidak layak pakai lagi. Bahkan dikhawatirkan dapat ambruk kapan saja dan bisa melukai peserta didik dan guru yang sedang mengajar.

Karena belum adanya bantuan guna perbaikan, dengan sangat terpaksa pihak sekolah masih menggunakan ruang belajar tersebut. Selain itu, siswa juga terlihat berhati-hati saat berjalan di kelas tersebut.

Kepala SDN 80 Palembang Anna Maria melalui penjaga sekolah Aidil Fitrisyah menjelaskan, beberapa bagian di lantai kelas V A ini sudah ambruk sejak tahun lalu.

“Dulu kami juga sempat memperbaikinya, namun karena keterbatasan dana dan seiring berjalannya waktu, papan kayu itu juga ikut lapuk. Kalau dibiarkan saja seperti ini takutnya nanti akan memakan korban,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang Nashikun mengatakan, sebaiknya sekolah yang merasa dirinya darurat bantuan harus segera melaporkan kondisi sekolahnya kepada Disdik Kota agar bisa ditindaklanjuti.

“Penyusunan anggaran pembangunan pada 2017 memang sudah selesai dilakukan. Namun jika memang sekolah tersebut dalam kondisi darurat, maka bisa saja akan kita prioritaskan pembangunannya,” pungkasnya.

korankito.com/ejak