6 Tanaman Yang Berkhasiat Untuk Mengobati Diabetes

foto ilustrasi /alamtani.com

korankito.com – Masyarakat kini mulai melirik metode pengobatan diabetes dengan menggunakan obat-obat herbal sebagai metode alternatif untuk mengobati penyakit diabetes atau yang umum disebut penyakit kencing manis, dan banyak diantaranya yang telah sembuh dan membuktikan bahwa ternyata penyakit diabetes dapat di cegah dan diobati dengan obat-obatan alami yang berasal dari tumbuh tumbuhan. Ini disebabkan obat yang berasal dari tanaman atau tumbuhan umumnya relatif lebih aman digunakan karena bahan-bahan yang digunakan merupakan bahan alami, bukan kimia atau sintetis, juga bahan-bahannya mudah di dapatkan dan dapat diolah sendiri dengan mudah di rumah.

6 Obat Herbal Diabetes dan Petunjuk Penggunaannya

Sebelum Anda menggunakan beberapa tanaman atau tumbuhan berikut ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pengobatan memberikan hasil maksimal dan sesuai harapan. Pertama, niatkan dan yakinkan diri Anda untuk dapat sembuh dari sakit yang diderita. Kedua, Selalu sabar menjalani proses pengobatan dan ikuti petunjuk penggunaan obat ini dengan benar. Ketiga, Selalu berserah diri kepada Allah SWT, agar di berikan kesembuhan dari penyakit yang di derita. Nah, beberapa resep alami ini dan semoga menjadi perantara kesembuhan Anda:

1.Kunyit

Tentu tidak heran lagi jika kunyit memiliki khasiat untuk mengobati berbagai penyakit akut maupun kronis seperti diabetes, obat herbal ini juga sangat baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes, dan sudah sejak lama kunyit digunakan sebagai alternatif pengobatan diabetes, berikut bahan dan cara membuat ramuannya:

  • Gunakan satu rimpang kunyit yang telah di kupas kulitnya, memarkan terlebih dahulu, dan  jangan lupa tambahkan setengah sendok garam dapur.
  • Kunyit yang sebelumnya sudah di campur dengan garam di rebus dalam satu liter air hingga mendidih.Saring air rebusan tersebut, dan dinginkan.
  • Gunakan setengah gelas air rebusan kunyit setiap kali minum.
  •  Minum secara rutin air rebusan kunyit 2 kali setiap minggunya.

 2.Buah Mengkudu

Senyawa kimiawi proxeroni yang terdapat di dalam buah mengkudu akan membentuk alkaloid yang memiliki peranan penting membuka pori-pori sel, sehingga memudahkan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh dan akan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak termasuk sel-sel di organ pancreas, inilah yang membuat buah mengkudu cukup direkomendasikan sebagai herbal alternatif untuk diabetes, berikut caranya:

  • Gunakan 1 buah mengkudu yang sudah  cukup matang, jangan lupa di cuci dengan air bersih.
  • Selanjutnya buah mengkudu di blender, kemudian ambil airnya saja, pisahkan ampasnya.
  • Masukkan ekstrak atau air dari buah mengkudu ke dalam gelas.
  • Anda dapat meminumnya beberapa kali dalam seminggu, jika Anda tidak tahan dengan rasa dan aromanya, tambahkan sedikit madu.

 3.Buncis

Kandungan B-sitosterol dalam sayur buncis memiliki fungsi penting untuk mempercepat produksi insulin di dalam tubuh sekaligus mempertahankan agar kadar insulin tetap normal. Jadi buncis cukup efektif terutama untuk obat herbal diabetes kering, namun perlu diingat bahwa cara mengolah sayuran buncis juga harus diperhatikan, agar khasiatnya sebagai penurun kadar gula dalam darah tidak hilang, berikut caranya :

  • Gunakan setengah kilogram buncis yang telah di cuci bersihRebus buncis dengan 2 gelas air, biarkan hingga mendidih
  • Kemudian angkat buncis dan dimasukkan ke dalam gelas
  • Gunakan ramuan tersebut pagi dan malam menjelang tidur.
  • Bisa juga buncis di jadikan sebagai lalapan mentah, atau di jus dengan catatan tidak boleh di tambahkan gula atau sejenisnya, walau hanya sedikit.

 4.Brotowali

Tanaman brotowali sudah dikenal sejak dulu sebagai tanaman obat herbal, rasanya yang benar-benar pahit menjadi ciri khas dari brotowali, khasiatnya cukup beragam dan ampuh mengobati berbagai keluhan penyakit, termasuk untuk menurunkan gula darah pada penderita penyakit diabetes, berikut caranya:

  • Gunakan herba atau batang tanaman brotowali kurang lebih ukurannya sebesar jari atau 10 cm.
  • Kombinasikan 1 genggam akar pohon pepaya dan rebus kedua bahan tersebut hingga mendidih, kemudian dinginkan
  •  Gunakan air rebusan tersebut (diminum) , gunakan beberapa kali seminggu.

5.Daun Kemangi

Daun kemangi sering di jadikan lalapan saat makan bersama sambal ( nasi pecel lele ), Anda pernah mencobanya? Nikmat bukan? Namun tahukah Anda ternyata kemangi menyimpan sejuta khasiat untuk mengobati penyakit lho, salah satunya adalah kandungan zat yang terdapat di dalam  kemangi mampu menstabilkan gula darah dalam tubuh, caranya gampang cukup digunakan sebagai lalapan saat makan, jangan lupa di cuci sebelum digunakan.

6.Tanaman Mahkota Dewa

Mahkota dewa sangat populer sebagai tanaman obat berkhasiat, dan banyak di cari orang karena banyaknya khasiat yang terkandung dalam tanaman ini, salah satunya adalah untuk mengobati penyakit kencing manis atau penyakit gula, lihat caranya:

  • Ambil 3-5 potong tangkai tanaman herba mahkota dewa.
  • Tambahkan dengan 3 helai daun salam yang telah di cuci hingga bersih.
  • Selanjutnya, direbus menggunakan 3 gelas air hingga mendidih, dan biarkan hingga airnya tinggal ½ gelas.
  • Minum air hasil rebusan herba mahkota dewa rutin setiap hari agar penyakit diabetes Anda dapat dikendalikan (sembuh).

Demikian 6 Obat alami berkhasiat yang dapat Anda jadikan referensi untuk mengendalikan dan mengobati penyakit diabetes, tetap ikhtiar dan berdoa agar Anda mendapatkan kesembuhan dari berbagai penyakit. (korankito.com /dari berbagai sumber)