Bisa Dipercaya

Tingkatkan Pelayanan, Puskesmas Butuh Dokter Spesialis

Walikota Harnojoyo saat meresminkan Puskesmas Sako.foto/ria

 

Palembang – Walikota Palembang Harnojoyo meresmikan Puskesmas Sako, Senin (6/2). Puskesmas Sako ini merupakan pemekaran dari Puskesmas Multiwahana dan menjadi puskesmas ke 41 yang dimiliki Kota Palembang. Selain melaunching puskesmas, Pemkot Palembang juga menghadirkan layanan dokter di 70 Puskesmas Pembantu (Pustu) guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat.

Walikota Harnojoyo menyebutkan, saat ini sudah ada 70 Pustu yang tersebar mendampingi 41 Puskesmas. Namun, selama ini layanan kesehatan di Pustu belum maksimal karena belum aktifnya para dokter untuk turun langsung. “Mulai sekarang pelayanan dokter juga ada di Pustu,” ujarnya dalam peresmian Puskesmas Sako dan Multiwahana Palembang.

Berita Sejenis
1 daripada 2

Harno menjelaskan, saat ini keberadaan puskesmas untuk melayani masyarakat memang masih kurang. Dengan adanya pustu yang ada diharapkan dapat membantu pelayanan dari puskesmas.

“Idealnya memang 1 puskesmas itu untuk melayani 30.000 penduduk,” ungkapnya.

Puskesmas dan Pustu diharapkan juga membina masyarakat menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Hal ini sejalan dengan program gotong royong yang sudah diterapkan Pemkot dalam satu tahun terakhir ini. “Bersih lingkungan tentu akan jauh dari penyakit. Jadi bukan banyaknya rumah sakit dan puskesmas yang ada tapi lebih ke menerapkan pola hidup sehat. Dengan sehat tidak harus ke rumah sakit atau ke puskesmas,” katanya.

Plt Kadinkes Kota Palembang Letizia mengatakan, saat ini sudah ada 10 dokter spesialis yang ditempatkan secara bergiliran di setiap puskesmas. Ke depannya dokter spesialis akan ditambah lagi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Selain itu tambahnya sekarang beberapa Puskesmas di Palembang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah ( BLUD). Dengan sistem pengelolaan keuangan mandiri ini bisa turut meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat, setelah layanan dokter di Pustu diterapkan. (korankito.com/ria)